Apa Sih Fungsi Presidential Threshold? Begini Penjelasan Guru Besar Fakultas Hukum UNPAD

Apa Sih Fungsi Presidential Threshold? Begini Penjelasan Guru Besar Fakultas Hukum UNPAD 

KONTENISLAM.COM - Guru Besar Fakultas Hukum UNPAD, Prof Dr I Gde Pantja Astawa tanggapi terkait ambang batas pengajuan calon presiden atau presidential threshold.

I Gde Pantja Astawa menerangkan, kebijakan presidential threshold merupakan kebijakan hukum terbuka (opened legal policy).

Sehingga, tambah I Gde Pantja Astawa, pengaturannya menjadi kewenangan sebagai pembentuk undang-undang.

"Dalam konteks pemilihan presiden dan wakil Presiden, kebijakan hukum (legal policy) untuk tetap menggunakan ketentuan dan mekanisme presidential threshold"

Bertujuan untuk menguatkan ataupun memperkokoh sistem pemerintahan presidensiil yang digariskan UUD 1945 dengan sistem kepartaian Multipartai sederhana," tegas I Gde Pantja, hari ini.
Menurutnya, dalam konteks sistem pemerintahan presidensiil, sebagaimana diketahui bahwa struktur UUD 1945 memberi pengaturan yang dominan terhadap lembaga kepresidenan baik jumlah pasal maupun kekuasaannya.

Pilihan founding fathers pada sistem pemerintahan presidensiil didasarkan pada kehendak untuk menjamin suatu kekuasaan pemerintahan (eksekutif) yang kuat dan stabil, di bawah Presiden sebagai kepaia kekuasaan eksekutif ataupun kepala pemerintahan (Chief of Executive / Chief of Government).

"Kekuasaan pemerintahan (eksekutif) yang kuat dan stabil, bukan dalam arti bahwa kekuasaan Presiden sebagai kepala kekuasaan eksekutif / kepala pemerintahan menjadi absolut,"
 
"Tetapi lebih berkonotasi efektif di dalam menjalankan kekuasaannya dan tidak mudah dijatuhkan dalam masa jabatannya, kecuali dengan pranata impeachment (vide Pasal 7 A UUD 1945)," paparnya.
 
Dengan demikian, kata dia, secara konseptual bisa dibenarkan bila ada jaring-jaring yang akan menjamin stabilitas penyelenggaraan pemerintahan.
 
Namun, jaring-jaring itu harus tetap memungkinkan presiden diberhentikan dari jabatannya, walaupun tak mudah dijalankan.

"Adanya jaminan stabilitas penyelenggaraan pemerintahan memungkinkan dan memastikan presiden selama memangku jabatan bisa mewujudkan program-programnya sebagaimana dijanjikan pada saat kampanye," ujarnya.

Lanjut dia, salah satu jaring yang dapat menjamin stabilitas penyelenggaraan pemerintahan (di bawah Sistem Pemerintahan Presidensiil) ialah dengan menerapkan ketentuan tentang ambang batas pengajuan calon presiden (Presidential Threshold), yang bertujuan untuk mewujudkan sistem kepartaian Multi Partai sederhana.

"Penyederhanaan jumlah partai politik melalui ketentuan dan mekanisme Presidential Threshold (sebagai cara yang demokratis) merupakan kebutuhan bagi berjalan efektifnya Sistem Pemerintahan Presidensiil," sebutnya.
 
Sebab, bila presiden terpilih ternyata tidak didukung oleh partai politik yang memperoleh kursi mayoritas di DPR, tentu dapat dipastikan akan menyulitkan presiden dalam menjalankan roda pemerintahan.

Dengan ketentuan dan mekanisme presidential threshold pula akan dorong partai-partai yang memiliki flatform, visi atau idiologi yang sama ataupun serupa berkoalisi dalam mencalonkan presiden dan Wakil Presiden.

"Bila kemudian ternyata, partai-partai yang bergabung ataupun berkoalisi tersebut berhasil dalam kontestasi pilpres, maka ke depan diharapkan akan lahir koalisi permanen"

"Sehingga dalam jangka panjang diharapkan akan terjadi penyederhanaan partai secara alamiah tanpa melalui 'paksaan'," tuturnya.

Dengan demikian, tambah I Gde Pantja, terkait  adanya keinginan pihak-pihak yang menghendaki agar presidential threshold 0 persen, maka akan jauh lebih bijak.

Sebab, manakala mindset dan alasan-alasan yang mendasarinya diletakan dalam kerangka kepentingan nasional.

"Yaitu menguatkan ataupun memperkokoh bangunan Sistem Pemerintahaan Presidensiil dengan Sistem Multi Partai sederhana"

"Agar penyelenggaraan pemerintahan ke depan menjadi (kian) efektif untuk menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045," ucapnya.(tribunnews)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close