Bahlil Bicara Keinginan Pilpres Diundur, PD Curiga: Agar Proyek IKN Tidak Mangkrak di Tengah Jalan?

Bahlil Bicara Keinginan Pilpres Diundur, PD Curiga: Agar Proyek IKN Tidak Mangkrak di Tengah Jalan? 

KONTENISLAM.COM -Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengklaim bahwa kalangan pengusaha berharap penyelenggaraan Pilpres 2024 ditunda.

Menurutnya, alasan penundaan itu lantaran para pelaku usaha sedang fokus di masa pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19.

Partai Demokrat mengkritik keras wacana usulan tersebut. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny Kabur Harman mempertanyakan motif Bahlil Lahadalia menyebut pelaku usaha berharap penyelenggaraan Pilpres 2024 ditunda.

"Kepala BKPM Sebut Dunia Usaha Ingin Pemilu 2024 Diundur. Betulkah? Motifnya apa? Apa mereka inginnya tidak ada Pemilu agar proyek IKN (Ibu Kota Negara) tidak mangkrak di tengah jalan? Atau apa kira-kira motif mereka meminta Pemilu ditunda?" ujar Benny lewat akun Twitter miliknya (@BennyHarmanID), Senin (10/1/2022).

Dia mengatakan konstitusi telah mengatur masa jabatan pemerintahan dan menyinggung bahwa presiden beserta wakilnya akan habis masa jabatan pada 2024 nanti.

Jika Pilpres 2024 ditunda, ujarnya, jabatan presiden akan diganti oleh Triumvirat atau pengisi kekosongan jabatan Presiden dan Wakil Presiden, yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu), Menteri Pertahanan (Menhan), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

"Jika betul banyak pengusaha menghendaki Pemilu 2024 ditunda, maka demi hukum presiden dan wapres yang sekarang akan berakhir masa jabatannya di 2024. PLT (pelaksana teknis) presiden dipegang Triumvirat yakni Menlu, Menhan dan Mendagri sampai ada presiden/wapres hasil Pemilu. Itulah hukumnya. #Liberte!" kata Benny.

Lantas, dia menilai bahwa upaya penundaan Pilpres yang datang dari kelompok tertentu itu sesat.

Sebab, nantinya hanya eksekutif yang akan diganti, sementara legislatif atau DPR akan tetap.

"Jika ada niat kelompok tertentu menunda Pilpres agar Presiden Jokowi mengawal proyek IKN sampai selesai, jelas itu sesat. Sebab, jika ditunda, DPR dan DPD tetap. Presiden berhenti dan PLT presiden dipegang triumvirat: Menlu, Menhan, dan Mendagri hingga Pemilu berikutnya. #Liberte!" kata dia.

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan pandangan para pengusaha terkait penyelenggaraan Pilpres 2024.

Dalam konteks peralihan kepemimpinan, para pengusaha diklaim Bahlil berharap penundaan.

"Saya sedikit mengomentari begini, kalau kita mengecek di dunia usaha, rata-rata mereka memang berpikir adalah bagaimana proses demokrasi ini dalam konteks peralihan kepemimpinan, kalau memang ada ruang untuk dipertimbangkan dilakukan proses untuk dimundurkan itu jauh lebih baik," katanya.

"Kenapa, karena mereka ini baru selesai babak belur dengan persoalan kesehatan. Ini dunia usaha baru mau naik, baru mau naik tiba-tiba mau ditimpa lagi dengan persoalan politik," ujar dia. [detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close