Beredar Video Ustaz Firanda Sebut Sunan Kalijaga Wali Setan, Ternyata Ini Ceramah Lengkapnya - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beredar Video Ustaz Firanda Sebut Sunan Kalijaga Wali Setan, Ternyata Ini Ceramah Lengkapnya

Beredar Video Ustaz Firanda Sebut Sunan Kalijaga Wali Setan, Ternyata Ini Ceramah Lengkapnya 

KONTENISLAM.COM -Beredar video ceramah dari Ustaz DR Firanda Andirja MA yang menyebut Wali Songo, Sunan Kalijaga adalah Wali setan.

Potongan video ceramah itu tersebar luas di media sosial, terutama pengguna Twitter.

Benarkah demikian? Tim Redaksi mencoba mencari video ceramah itu secara utuh.

Melalui akun YouTube Tanya Jawab Islam, nampak jelas video itu diunggah secara utuh pada tanggal 28 Januari 2020.

Dalam video itu, Ustaz Firanda Andirja menjawab salah satu pertanyaan dari jamaahnya tentang Wali Songo.

“Apa Wali Songo yang ada dulu termasuk Wali Allah?” demikian pertanyaan tersebut.

Ustaz Firanda Andirja mengakui bahwa dirinya tidak tahu tentang sejarah Wali Songo, apalagi sampai dicap seseorang sebagai Wali Allah.

“Saya tidak tahu tentang mereka (Wali Song), saya katakan semua boleh jadi wali. Dan wali tidak terbatas pada 9. Siapapun boleh jadi wali, dan Wali tidak diukur dengan kesaktian,” kata Firanda, dikutip Senin 10 Januari 2022.

Ustaz Firanda mengatakan, label Wali Allah bukan hak manusia memberi label tersebut. Itu adalah hak Allah yang memberi gelar itu.

Manusia hanya bisa melihat seseorang itu saleh atau tidak dari amalannya yang nampak.

“Wali itu bukan stempel yang kita bikin. Wali itu dari Allah subhanahu wata’ala. Kita hanya bilang secara zohir (nampak) bahwa ini orang salih. Tidak ada masalah,” kata Firanda

“Tetapi kalau kita mengatakan, ini wali berarti begini, bahwa itu perkara yang gaib. Tapi kita bilang zahirnya mereka orang-orang salih,” ucapnya lagi.

Ustaz Firanda mengatakan, dirinya tidak tahu tentang kesalihan 9 Wali Songo.

Sebab tidak ada bukti autentik yang menjelaskan bahwa 9 Wali Songo adalah orang-orang salih.

“Apakah 9 wali adalah Wali Allah? saya tidak tahu, kalau saya mau tahu, saya harus lihat amal salih mereka, perkataan mereka, baru saya timbang dengan Alquran dan sunnah, kalau merek sesuai dengan Alquraan dan sunnah maka Insya ALlah mereka wali-wali Allah SWT,” ucap Firanda.

Firanda mengatakan, selain cerita bahwa Wali Songo adalah Wali Allah, ada pula cerita lain yang menyebut bahwa salah satu Wali Songo, yakni Sunan Kalijaga sering melakukan bertapa di pinggir kali.

Cerita itu dia dapati dari sebuah film. Dari bertapa itu, kemudian Sunan Kalijaga menjadi Wali Allah.

“Adapun cerita yang sampai kepada kita, contohnya sunan Kalijaga, mau jadi Wali begimana caranya? bertapa di pinggir kali, tidak salat” kata Ustaz Firanda.

“Dalam film kan begitu, kan saya nonton waktu masih kecil, Sunan Kalijaga bagaimana menjadi Wali, dia pergi ke pinggir kali, kemudian dia bertapa sampai badannya penuh dengan lumut. Dia tidak salat, tidak makan, kemudian tiba-tiba dia jadi Wali,” ucapnya lagi.

“Kalau begitu cara jadi wali berarti itu wali setan.Tidak salat, itu wali setan,” sambungnya.

Namun demikian, Ustaz Firanda mengaku tidak percaya dengan cerita tersebut yang menyebut Sunan Kalijaga bertapa.

Sebab cerita itu tidak ada riwayat sahih, atau bukti-bukti autentik lainnya.

“Tapi saya tidak pernah membenarkan cerita itu. Kalau ada yang bilang cerita itu benar, saya bilang mana dalilnya, sebutkan sanad Anda. bahwa saya telah mendengar dari bapak saya bapak saya dari kakek saya, kakek saya dari buyut saya, dari buyut saya dari njit, njit, bahwasanya dia melihat Sunan Kalijaga di pinggir kali bertapa kemudian jadi wali,” ungkapnya.

“Kalau kamu bisa mengatakan rangkaian sanad mu, ini derajatnya bagaimana, apakah mereka benar semua, ataukah ada yang tukang dusta, ya makanya nggak bisa kita benarkan cerita tersebut. Ini yang nulis siapa,” katanya.

Di bagian terakhir video, Ustaz Firanda berdoa semoga Wali Songo yang dikenal sebagai ulam yang menyiarkan Islam di Nusantara itu merupakan wali-wali Allah.

“Jadi kita bilang, wali Song mudah-mudahan mereka adalah wali-wali Allah, mudah-mudahan mereka adalah orang-orang salih,” tutupnya. [ /fajar]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close