Demo Kenaikan Harga Bahan Bakar Gas Rusuh, Puluhan Mobil Polisi Dibakar Massa - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Demo Kenaikan Harga Bahan Bakar Gas Rusuh, Puluhan Mobil Polisi Dibakar Massa

Demo Kenaikan Harga Bahan Bakar Gas Rusuh, Puluhan Mobil Polisi Dibakar Massa 

KONTENISLAM.COM - Demo berujung bentrokan sengit antara polisi dan pengunjuk rasa terjadi di Kota Almaty, Kazakstan, pada Selasa (4/1) waktu setempat.

Kerusuhan bermula saat para pendemo yang marah dengan keputusan pemerintah yang menaikkan batas harga energi, menggulingkan, menghancurkan, dan membakar kendaraan milik polisi.
 
RT melaporkan, Rabu (5/1), rekaman video di tempat kejadian menunjukkan gerombolan pengunjuk rasa menggulingkan sebuah van polisi, merusak mobil polisi, dan membakar beberapa kendaraan penegak hukum. Beberapa kendaraan tampaknya telah benar-benar hangus dilalap api.

Pembakaran itu terjadi setelah sore hari terjadi kerusuhan massal di kota terbesar Kazakhstan tersebut Bentrokan dilaporkan sebelumnya antara polisi anti huru hara dan demonstran, dengan petugas menggunakan granat flashbang dan persenjataan tidak mematikan untuk membubarkan demo.

Sementara itu, Presiden Kassym-Jomart Tokayev telah menyatakan keadaan darurat di Almaty, serta wilayah Mangystau. Foto dan video yang muncul secara online juga menunjukkan kendaraan lapis baja bergerak di jalanan.

Protesdi bekas republik Soviet itu telah terjadi selama tiga hari, dipicu oleh keputusan pemerintah untuk mencabut kontrol harga pada bahan bakar gas cair, sebuah langkah yang membuat harga gas naik kira-kira dua kali lipat dalam hitungan hari.

Dalam upaya untuk menenangkan pengunjuk rasa, Tokayev memperkenalkan kembali batas harga di wilayah penghasil minyak Mangystau, yang telah menjadi sarang kerusuhan.

Kazakhstan adalah kekuatan energi utama, di antara pengekspor minyak terbesar di dunia dan di 20 besar untuk gas.

Pemerintah negara itu telah mensubsidi bahan bakar gas cair selama bertahun-tahun, tetapi berpendapat bahwa kontrol harga perlu dicabut dan tidak melanjutkannya.(RMOL)

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close