Gempa Susulan M 4,0 Kembali Guncang Banten - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gempa Susulan M 4,0 Kembali Guncang Banten


KONTENISLAM.COM -  Gempa susulan kembali mengguncang wilayah Banten. Kali ini, gempa berkekuatan magnitudo 4,0.

Berdasarkan peringatan dini dari INATEWS BMKG, gempa terjadi pada pukul 17.19 WIB, Jumat (14/1/2022).

Pusat gempa di Selat Sunda dengan kedalaman 10 km.

 Episenter gempa berada di koordinat 6,99 Lintang Selatan, 105,34 Bujur Timur.

Sebelumnya, gempa susulan yang kuat terasa di Jakarta beberapa kali terjadi di wilayah Banten. Gempa susulan sebelumnya berkekuatan M 3,7 hingga M 5,7.

Guncangan gempa susulan M 5,7 juga kembali terasa di gedung tinggi Jakarta. Di gedung tinggi wilayah Tendean, Jakarta Selatan, terasa guncangan beberapa detik.

Sebelumnya, gempa pertama dengan magnitudo 6,7 terjadi pukul 16.05 WIB. Gempa terasa hingga Jakarta dan Jawa Barat.

Dampak Gempa

Guncangan gempa pertama M 6,7 yang kemudian diperbarui menjadi M 6,6 dirasakan di Cikeusik dan Panimbang dalam skala VI MMI. Kemudian di Labuan dan Sumur dalam skala IV MMI.

Gempa juga dirasakan di Tangerang Selatan, Lembang, Kota bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, Bandar Lampung, dalam skala III-IV MMI. Kemudian di Anyer dalam skala III MMI.

 Sementara, di Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kab.Bogor, Kotabumi, gempa dirasakan dalam skala II-III MMI.

Skala VI MMI artinya getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar. Skala IV MMI artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Skala III-IV MMI artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Sementara, skala I-III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. [detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close