Luhut Sebut Jemaah Umrah Harus Karantina 7 Hari saat Pulang ke Indonesia - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Luhut Sebut Jemaah Umrah Harus Karantina 7 Hari saat Pulang ke Indonesia

Luhut Sebut Jemaah Umrah Harus Karantina 7 Hari saat Pulang ke Indonesia 

KONTENISLAM.COM - Pemerintah melalui Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menegaskan jemaah umrah harus tetap melaksanakan karantina setibanya di Indonesia sepulang dari Arab Saudi. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan dan masa karantina bagi jemaah umrah selama 7 hari.

"Tetap harus karantina 7 hari, kan buat keamanan kita semua, keamanan yang bersangkutan, keamanan kita semualah iya kan," ujar Luhut dalam keterangan resmi dikutip, Selasa (11/1/2022).

Sementara itu, sebelumnya Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama pada Sabtu (8/1/2022) telah memberangkatkan sebanyak 419 jemaah umrah Indonesia yang berangkat ke Arab Saudi. Pemberangkatan tersebut merupakan kali pertama bagi jemaah umrah Indonesia setelah ditutupnya pintu umrah sejak awal pandemi 2020 lalu.

Menurut Luhut, pemberangkatan 419 orang jemaah umrah tersebut disebut telah mengikuti prosedur "One Gate Policy" (kebijakan satu pintu) yaitu kebijakan sistem pemberangkatan jemaah secara terpusat yang telah ditetapkan Kementerian Agama.

“Aturan tersebut mengatur seluruh jemaah umrah berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dan menjalani karantina di Jakarta,” kata dia.

Dengan demikian, untuk kebijakan itu juga mengatur tentang pemeriksaan kesehatan, tes PCR/swab, pengecekan status vaksinasi, keimigrasian, hingga pengurusan dokumen lainnya.[inews]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close