Media Asing Sebut Prabowo Bahas Normalisasi Hubungan RI-Israel, Jubir Menhan Buka Suara


KONTENISLAM.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dikabarkan oleh media asing sempat membahas normalisasi hubungan antara Indonesia dan Israel.   

Juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzhar Simanjuntak membantah hal tersebut.

 

Kabar Prabowo Subianto membahas upaya normalisasi hubungan Indonesia dan Israel dilaporkan oleh media asing The Jerusalem Post. Media asing tersebut menyebutkan upaya normalisasi itu berangkat dari kerja sama di bidang pertanian antara Indonesia dan Israel.

 

Tak hanya itu, media asing tersebut menyebut, Prabowo sempat melakukan pertemuan pada November 2021 lalu dengan Penasihat Keamanan Nasional Eyal Hulata pada sebuah konferensi di Manama, Bahrain. 

 

Dalam acara tersebut, Prabowo juga disebut tampak berbincang dengan kuasa usaha Israel, Itay Tagner.

 

Media asing tersebut juga menyatakan upaya normalisasi hubungan ini berkaitan dengan rencana Prabowo Subianto untuk maju dalam Pilpres 2024. 

 

Prabowo disebut memanfaatkan kerja sama Indonesia-Israel untuk membawa lebih dekat Indonesia dengan Amerika Serikat.

 

Kemudian, upaya normalisasi yang berangkat dari kerja sama di bidang pertanian ini juga didukung oleh pernyataan penasihat menteri pertanian Yair Shamir sekaligus konsultan pertanian, Shmuel Friedman. 

 

Keduanya bekerja di sebuah pusat penelitian dan pengembangan petanian di Indonesia.

 

"Ketahanan pangan bagi suatu bangsa tidak kalah pentingnya dengan ketahanan pangan itu sendiri, dan (Subianto) sangat setuju dengan saya tentang itu," kata Friedman pekan ini.

 

"Itulah yang kami tahu (bagaimana) untuk dibawa. Pada akhirnya, kami membawa hasil dan melihat petani yang puas, jadi tidak masalah dari mana asalnya," lanjut dia.

 

Friedman juga mengaku tahu pembicaraan terkait normalisasi antara Israel dan Indonesia. Namun dia itu tidak terkait dengan sisi politik.

 

"Saya percaya bahwa hubungan antar negara perlu dimulai dari sana, dengan ketahanan pangan," katanya.

 

Kementerian Pertahanan Membantah

 

Juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak membantah pernyataan media asing tersebut. 

 

Dia menegaskan Prabowo tidak pernah ikut membahas normalisasi dengan Israel baik secara formal atau informal.

 

"Pak Menhan tidak pernah ikut membahas masalah normalisasi dengan Israel baik secara formal maupun informal," katanya saat dihubungi, Jumat (14/1/2022).

 

Dahnil menekankan Prabowo selama ini bersikap sejalan dengan negara dan konstitusi Indonesia yakni mendukung kemerdekaan Palestina. 

 

Dia menyebut Prabowo mendukung penyelesaian two states solution seperti yang sudah disampaikan dalam forum terbuka di Bahrain.

 

"Sikap beliau sejalan dengan sikap negara dan konstitusi kita mendukung kemerdekaan semua bangsa, dalam hal ini kemerdekaan Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution seperti yang sudah disampaikan secara terbuka pada forum manama, di Bahrain," ujarnya. [ /dtk]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close