Minyak Goreng di Malaysia Cuma Rp8 Ribu per Liter, Kok di Indonesia Mahal?

Minyak Goreng di Malaysia Cuma Rp8 Ribu per Liter, Kok di Indonesia Mahal? 

KONTENISLAM.COM - Baru-baru ini, pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan ‘minyak goreng satu harga’, yakni Rp14 ribu per liter. Imbasnya, sejak kemarin, banyak warga yang ramai-ramai menyerbu super market dan tempat belanja lainnya.

Sebelumnya, untuk membeli seliter minyak goreng, masyarakat harus menyiapkan dana sekira Rp20 ribuan. Kini, dengan harga yang lebih murah, pemerintah berharap, daya beli konsumen bisa kembali meningkat.

Menariknya, meski telah diturunkan, harga tersebut masih dua kali lipat lebih mahal dibandingkan di Malaysia. Bahkan, menurut Anggota Komisi VI DPR, Khilmi, rakyat setempat hanya perlu mengeluarkan dana Rp8 ribuan untuk menebus seliter minyak goreng.

“Bisa ya, apa itu benar?” tanya Khilmi, dikutip Hops Trending dari Suara, Kamis 20 Januari 2022.

Dia juga bertanya-tanya, mengapa Malaysia bisa menjual minyak goreng semurah itu, sementara Indonesia tak bisa?

Menanggapi pertanyaan Khilmi, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia atau GAPKI, Joko Supriyono menjelaskan, harga minyak sawit di Malaysia bisa semurah itu, lantaran ada skema subsidi yang telah lama dilakukan di sana.

Sedangkan, tambah dia, di Indonesia subsidi minyak goreng baru bisa dilakukan mulai saat ini dengan program satu harga, yakni Rp14 ribu per liter.

“Betul harga minyak goreng di Malaysia Rp8.500 per liter, 2,25 ringgit equal-nya. Itu adalah karena subsidi diberikan oleh dana SES, tapi hanya untuk 1 liter polybag yang sangat sederhana,” kata Joko.

Bukan hanya itu, Joko menjelaskan, hingga saat ini belum ada regulasi di Indonesia yang jelas mengatur soal subsidi minyak goreng. Di UU Cipta Kerja, khususnya dalam aturan perkebunan, baru lah diatur dana pungutan ekspor sawit kelolaan BPDPKS boleh digunakan untuk subsidi kebutuhan pangan, contohnya minyak goreng. [trending]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close