MUI: Ritual Sesajen Termasuk Syirik, Untuk Itu Berdakwahlah dengan Nasihat yang Baik - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

MUI: Ritual Sesajen Termasuk Syirik, Untuk Itu Berdakwahlah dengan Nasihat yang Baik

MUI: Ritual Sesajen Termasuk Syirik, Untuk Itu Berdakwahlah dengan Nasihat yang Baik 

KONTENISLAM.COM -Aksi seorang pria yang menendang sesajen di lokasi terdampak erupsi gunung Merapi karena dinilai syirik sukses membuat heboh. Pihak MUI pun ikut buka suara mengenai kejadian tersebut.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut menanggapi aksi pria yang membuang dan menendang sesajen di lokasi terdampak erupsi Merapi. MUI menyayangkan terjadinya aksi tersebut dan menilai sikap tersebut tidak perlu dilakukan.

"Terkait seseorang yang menendang sesajen yang ada di Gunung Semeru saya pribadi menyesalkan adanya tindakan itu. Hal itu tidak perlu dilakukan meskipun menyaksikan bahwa praktik tradisi sesajen kepada makhluk halus atau jin atau penguasa alam sekitarnya yang diyakini masyarakat itu bertentangan dengan akidah Islam," kata Wasekjen MUI, Muhammad Ziyad kepada wartawan, Minggu (9/1).

Ziyad menegaskan ada cara yang lebih baik untuk mengingatkan. Misalnya dengan memberikan edukasi kalau praktik sesajen itu menyimpang.

"Kita harus menyadari bahwa berdakwah itu adalah menyampaikan pesan ilahi dengan cara baik, bukan menuruti kemauan sendiri, karena itu lah kewajiban bagi seorang muslim adalah mengingatkan saudaranya atau masyarakat apabila ada praktik keagamaan yang menyimpang atau bertentangan dengan akidah umat," jelasnya.

"Karena itu lah perlu dilakukan edukasi, bimbingan kepada masyarakat bahwa terjadinya erupsi gunung Merapi adalah bagian dari takdir Allah SWT, semua yang terjadi di alam raya ini merupakan kehendak dari Allah SWT, yang kita lakukan adalah bukan dalam bentuk pemberian sesajen. Tapi kita berdoa kepada Allah memohon perlindungannya agar dijauhkan dari malapetaka yang terjadi," sambung Ziyad.

Lebih lanjut, Ziyad mengatakan pemberian nasihat kepada masyarakat juga penting. Jika tidak berhasil, maka bisa dilakukan dengan adu argumentasi tentunya dengan cara yang baik dan benar.

"Ritual sesajen yang diyakini masyarakat itu merupakan yang dikategorikan syirik, menyekutukan Allah, syirik itu perbuatan yang dilarang agama. Untuk itu, kita meluruskan dengan cara berdakwah dengan penuh kebijaksanaan, nasihati yang baik dinasehatkan ini tidak baik bertentangan dengan agama, kalau tidak bisa lakukan berdebat dengan argumentasi yang baik," tegasnya. [wowkeren]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close