Analisa Pengamat: Surya Paloh Ingin Jodohkan Airlangga dengan Anies atau Ridwan Kamil

Analisa Pengamat: Surya Paloh Ingin Jodohkan Airlangga dengan Anies atau Ridwan Kamil 

KONTENISLAM.COM -Pertemuan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Nasdem sangat kental bernuansa politik. Pemilihan Presiden 2024 pun diyakini turut dibahas dalam pertemuan tertutup itu.

"Surya Paloh dan Airlangga tampaknya membicarakan Pilpres dan Pilkada Serentak 2024. Kedua ketua umum tersebut setidaknya menjajaki koalisi dalam mengusung capres dan calon kepala daerah,”  tutur pengamat politik Jamiluddin Ritonga, Jumat (11/3).
 
Dalam analisanya, Surya Paloh menyodorkan nama jagoannya, yakni Anies Baswedan dan Ridwan Kamil untuk berpasangan dengan Airlangga di 2024 mendatang.

"Penjajakan awal ini kemungkinannya masih sangat cair, sehingga pasangan capres yang akan diusung bisa saja berubah,” katanya.

Meski demikian, kata Jamiluddin, Surya Paloh tampaknya akan memprioritaskan Anies dalam pencapresan 2024. Hal ini akan membuat sulitnya titik temu dengan Golkar.

"Titik temu tampaknya akan sulit tercapai. Masing-masing partai akan mempertahankan Capresnya, sehingga koalisi untuk Pilpres tampaknya sulit terwujud,” ucapnya.

Dibanding Pilpres, kemungkinan terbesar koalisi Nasdem dan Golkar terjadi pada Pilkada Serentak, khususnya Pilkada DKI Jakarta.

"Ada kemungkinan kedua partai akan mengusung Sahroni dan Airin. Pasangan ini memang potensial, terutama bila sejak awal sudah diperkenalkan kepada warga Jakarta," tandasnya.

Sumber: RMOL

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close