Anggaran Ibu Kota Baru Jumbo Banget, Dari Mana Sumbernya? - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Anggaran Ibu Kota Baru Jumbo Banget, Dari Mana Sumbernya?

Anggaran Ibu Kota Baru Jumbo Banget, Dari Mana Sumbernya? 

KONTENISLAM.COM -Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mencapai ratusan triliun rupiah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan berdasarkan perhitungan sementara anggaran yang dibutuhkan adalah Rp 466 triliun.

Dari mana saja sumber uang untuk membangun IKN Nusantara?

Jokowi meminta agar Otorita Ibu Kota Nusantara bisa bergerak dengan lincah dalam mencari skema-skema pendanaan untuk membangun IKN di Kalimantan Timur (Kaltim) itu.

"Saya kira kita ingin Otorita ini fleksibel dan lincah dan bisa mendapatkan scheme-scheme pendanaan dari berbagai scheme yang ada," kata Jokowi disiarkan melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan dana Rp 466 triliun bisa berasal dari berbagai sumber, di mana pengguna anggaran negara yang bersumber dari APBN hanya memegang porsi 19-20%.

Selain APBN, anggaran pembangunan IKN dapat berasal dari kemitraan pemerintah dengan swasta atau Public Private Partnership (PPP), lalu Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), maupun dengan skema-skema lainnya yang memungkinkan.

"Hitungan sementara Rp 466 triliun, itu kurang lebih 19-20% itu nanti berasal dari APBN, dan sisanya bisa dari PPP, berasal dari KPBU, berasal bisa dari murni investasi sektor swasta, bisa juga dari BUMN, atau bisa juga menerbitkan obligasi publik, semua bisa dilakukan," tambah Jokowi.

Indonesia sendiri mendekati Arab Saudi dan Abu Dhabi untuk berinvestasi di proyek IKN.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan sudah berbicara dengan Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman (MBS) bin Abdulaziz al-Saud, serta pihak Abu Dhabi.

Luhut menjelaskan Abu Dhabi akan masuk ke proyek IKN melalui Sovereign Wealth Fund dengan angka kira-kira US$ 20 miliar. Sementara dengan Arab Saudi masih dalam pembahasan.

"Dari Saudi waktu saya ke sana Muhammad bin Salman Crown Prince itu juga minta untuk dia masuk di situ. Nah, kalau beliau angkanya berapa sedang kita sekarang godok, karena kami sedang terus pertemuan secara virtual dengan timnya Muhammad bin Salman," sebut Luhut di Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (15/3/2022). [detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close