Dukung Kemenag Soal Label Halal, Guntur Romli: MUI Itu Ormas Strategi Politik Soeharto!

guntur romli 

KONTENISLAM.COM - Guntur Romli beri beri dukungan kepada Kementerian Agama atau Kemenag soal pengambil alihan label halal oleh Kemenag dari MUI, ia menilai bahwa itu adalah kebijakan yang tepat.

Menurut Guntur Romli, Majelis Ulama Indonesia atau MUI adalah Ormas, sehingga tidak boleh diberikan hak khusus terkait kewenangan label halal.

Ia juga menyebutkan bahwa pembentukkan MUI ini mulanya adalah strategi politik Soeharto pada masa orde baru.

Pernyataan tersebut disampaikan Guntur Romli dalam sebuah video yang kemudian diunggah oleh channel youtube Cokro TV, pada Rabu, 16 Maret 2022, dengan judul ‘Alhamdulillah Label Halal Dicabut dari MUI, What’s Next?’.

“Status MUI itu hanya Ormas, kok bisa label halalnya punya kekuasaan memaksa?!,” ujar Guntur Romli menjelaskan.

“Kalau MUI yang statusnya Ormas islam, maka seharusnya dan sesuai keadilan, Ormas islam yang lain bisa mengeluarkan fatwa untuk mengeluarkan label halal, bukan MUI saja!,” ujar Guntur Romli melanjutkan.

Guntur Romli menyampaikan pendapatnya bahwa keputusan menteri agama itu tepat, karena MUI sebagai Ormas tidak bisa disentuh oleh lembaga-lembaga pengawas.

“Pengerusan label halal yang dilakukan oleh lembaga resmi pemerintahan, bisa disebut langkah maju karena selama ini MUI hampir tidak bisa disentuh,” ujar Guntur Romli melanjutkan.

Menurut Guntur Romli, MUI merupakan Ormas islam buatan Soeharto yang bertujuan mengontrol Ormas-Ormas islam lainnya.

“MUI baru lahir pada tahun 1975, itu pun sebagai strategi politik Soeharto dan orde baru untuk mengontrol ormas-ormas islam dengan membuat ormas islam tandingan,” ujar Guntur Romli melanjutkan.

Guntur Romli juga menyinggung soal bentuk logo halal yang baru, ia menilai itu adalah bentuk perlawanan terhadap orang yang menolak bahkan mengharamkan budaya wayang. [terkini]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close