Gubernur se-Indonesia Kumpul di IKN, Bawa Air-Tanah untuk Ritual 'Kendi Nusantara'

Gubernur se-Indonesia Kumpul di IKN, Bawa Air-Tanah untuk Ritual 'Kendi Nusantara' 

KONTENISLAM.COM - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi berkemah di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3).

Di lokasi pembangunan bakal pusat pemerintahan itu, Jokowi rencananya akan melaksanakan ritual "Kendi Nusantara" bersama 34 Gubernur se-Indonesia.

Agenda tersebut dikonfirmasi oleh Juru Bicara Gubernur Kaltim, HM Syafranuddin. Namun demikian, Syafranuddin mengatakan tidak semua gubernur menginap di kemah. Hanya lima gubernur yang ikut menginap dengan Jokowi di kemah itu.

"Informasinya hadir, tapi tidak ikut menginap. Yang menginap hanya lima gubernur Kalimantan saja," terangnya, Sabtu (12/3).

Ia juga membenarkan ada instruksi kepada seluruh gubernur agar membawa tanah dan air dari masing-masing daerahnya. Air dan tanah tersebut nantinya dipersiapkan untuk ritual "Kendi Nusantara".

"Air satu liter dan tanah sekitar 2 kilogram, nantinya akan disatukan dalam kendi. Kendi Nusantara namanya. Kendinya besar, saya lihat terbuat dari tembaga," ujar dia.

Selanjutnya, Kendi Nusantara yang diisi air dan tanah akan disimpan di titik nol IKN Nusantara.

Mengenai air dan tanah yang akan dimasukkan oleh Gubenur Kaltim Isran Noor ke dalam "Kendi Nusantara" nantinya, Syafranuddin mengatakan diambil dari dua daerah. Masing-masing dari wilayah Kutai Lama di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Paser.

"Kebetulan wilayah IKN Nusantara ini, kan, sebagian wilayah Kesultanan Kutai dan Kesultanan Paser. Jadi itu simbol mewakili Kesultanan di Kalimantan Timur," ungkapnya.

Ritual tersebut rencananya dilangsungkan pada Senin (14/3) lusa. Sementara Jokowi dijadwalkan tiba di Balikpapan sehari sebelum berkemah, atau Minggu (13/3).

"Serahkan tanah dan Air itu di hari Senin. Untuk tanggal 13, Pak Jokowi menginap dulu di Balikpapan. Senin tanggal 14, baru mengisi Kendi Nusantara. Sekaligus menginap di sana," tutupnya.

Sumber: kumparan

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close