Jokowi: RI Harus Jadi Pemain Penting di Mobil Listrik! - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Jokowi: RI Harus Jadi Pemain Penting di Mobil Listrik!

Jokowi: RI Harus Jadi Pemain Penting di Mobil Listrik! 

KONTENISLAM.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan meluncurkan mobil listrik IONIC 5 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (16/3/2022).

Dalam peresmian tersebut, Jokowi mengatakan bahwa, Indonesia ingin melakukan transisi besar-besaran dari mobil yang menggunakan bahan bakar fosil ke mobil listrik yang ramah lingkungan.

Maka dari itu, ke depan, kata Jokowi, kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama di tanah air.

Termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya di Ibu Kota Negara Nusantara.

"Indonesia harus menjadi pemain penting dalam global supply chain di industri mobil listrik. Sebab, Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik," terang Jokowi, Rabu (16/3/2022).

Jokowi merinci, beberapa sumber daya mineral yang bisa dijadikan pendukung pengembangan mobil listrik diantaranya adalah, nikel, kobalt. Jokowi bilang, kedua sumber daya mineral itu sebagai material penting untuk baterai lithium.

Adapun sumber daya mineral lainnya adalah, Bauksit yang bisa diolah menjadi alumunium dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel-kabel mobil listrik.

"Tahun 2022 ini akan menjadi momen penting untuk pengembangan baterai lithium untuk kendaraan listrik. Beberapa investor akan memulai konstruksi, siap mengolah nikel dan kobalt kita menjadi bahan material lithium baterai,"

"Dan pada tahun 2024, mobil listrik yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan baterai listrik dan juga komponen-komponen penting lainnya yang diproduksi di negara kita Indonesia," ungkap Jokowi.

Adapun kata Jokowi, pemerintah juga akan terus mendorong local content kendaraan listrik dengan memberikan insentif, memangkas berbagai hambatan regulasi, sehingga industri hulu dari kendaraan listrik juga akan tumbuh.

Yang sekaligus menciptakan lapangan kerja dan bisa mensubstitusi impor.

"Pemerintah akan selalu mendukung setiap investasi kendaraan listrik di Indonesia dan juga pengembangan industri hulunya, terutama industri baterai," jelas Jokowi. [cnbcindonesia]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close