Membandingkan Logo Halal Indonesia dengan 5 Negara di Asia Tenggara


KONTENISLAM.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama menetapkan label halal baru yang berlaku secara nasional. Logo tersebut menggantikan logo lama yang dikenal berwarna hijau bundar dengan tulisan “Majelis Ulama Indonesia” (MUI).

Ketentuan label halal baru berwarna ungu dan toska ini tertuang dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 tentang Penetapan Label Halal yang berlaku efektif sejak 1 Maret 2022.

Adapun pergantian logo dilakukan dengan alasan ada peralihan kewenangan pemberian sertifikat halal dari MUI ke BPJPH.

Label Halal Indonesia tersebut memiliki makna yang filosofis. Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irhamdi, pada Sabtu (12/3) menuturkan, desain label mengadaptasi nilai-nilai ke-Indonesiaan seperti bentuk gunung, motif surjan pada wayang kulit, dan lancip ke atas.

Namun, logo baru ini menuai polemik. Logo ini dinilai sulit dibaca. Lantas, bagaimana potret label halal di sejumlah negara Asia?

Malaysia

Logo Halal Malaysia dikeluarkan oleh Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), dikutip dari Brilio.net. Label tersebut tergolong simpel, sebab hanya berisi tulisan Malaysia dalam huruf Latin dan Arab, serta cap halal di bagian tengah.

Filipina

Meski bukan negara dengan mayoritas penduduk Muslim, Filipina punya banyak lembaga yang mengeluarkan label halal. Per 2020, ada 9 lembaga yang mengeluarkan label. Dua di antaranya adalah sebagai berikut.

Label yang dikeluarkan oleh Islamic Da’wah Council of The Philippines (IDCP) yang berpusat di Manila, Filipina, berwarna hijau layaknya halal MUI dengan nama lembaga berwarna putih.

Label lainnya dirilis oleh Halal Development Institute of the Philippines (HDIP) yang berpusat di Quezon City. Lembaga tersebut setara dengan MUI di Indonesia. Logo Halal HDIP hanya berwarna hitam dan putih dengan nama negara Filipina. Label ini memuat tiga bintang yang juga tampak di bendera Filipina.

Singapura

Negara minoritas Muslim lainnya, Singapura, mempunyai logo halal yang dikeluarkan oleh Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS), lembaga setara MUI. Logonya berbentuk bola dunia dan menyematkan nama lembaga.

Kamboja

Label Halal Kamboja dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah melalui Cambodia Halal Committee. Label tersebut berwarna hijau dan putih dan bertuliskan “KINGDOM OF CAMBODIA”.

Vietnam

Walau bukan negara dengan mayoritas penduduk Muslim, Vietnam juga punya label halal yang diakui resmi. Label dikeluarkan oleh Halal Certification Agency Vietnam (HCA) yang berpusat di Hanoi. Logo Halal Vietnam juga termasuk simpel; berwarna hijau dengan tulisan halal di tengah.

Sumber: kumparan

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close