Rusia dan Ukraina Mulai Temui Titik Terang Jelang Perundingan - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Rusia dan Ukraina Mulai Temui Titik Terang Jelang Perundingan

Rusia dan Ukraina Mulai Temui Titik Terang Jelang Perundingan 

KONTENISLAM.COM - Pemerintah Rusia menyebut beberapa bagian dari kemungkinan kesepakatan damai dengan Ukraina yang mulai menemui titik terang.

Hal itu terkait keinginan Ukraina yang setuju untuk membahas netralitas.

Pernyataan Rusia itu meningkatkan harapan untuk mengakhiri perang terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II.

"Status netral sekarang sedang dibahas secara serius, tentu saja dengan jaminan keamanan," kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov kepada RBC seperti dikutip Reuters, Rabu (16/3/2022).

"Sekarang, hal ini sedang dibahas dalam negosiasi, ada formulasi yang benar-benar spesifik yang menurut saya hampir mencapai kesepakatan," ungkap dia.

Menurut dia, Presiden Rusia Vladimir Putin telah berbicara tentang netralitas bersama dengan jaminan keamanan untuk Ukraina tanpa perluasan NATO.

Hanya, Lavrov memperingatkan negosiasi itu tidak mudah tapi ada "beberapa harapan untuk mencapai kompromi".

Lavrov menyebutkan isu-isu kunci dalam pembicaraan dama termasuk keamanan orang-orang di Ukraina Timur, demiliterisasi Ukraina, dan hak-hak orang berbahasa Rusia di Ukraina.

Sebelumnya,  Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pada Rabu (16/3/2022) bahwa pembicaraan damai dengan Rusia terdengar lebih realistis tetapi lebih banyak waktu diperlukan.

"Pertemuan terus berlanjut dan saya diberitahu posisi selama negosiasi sudah terdengar lebih realistis," kata Zelenskyy dalam pidato video, menjelang putaran pembicaraan berikutnya.

  "Tetapi, masih diperlukan waktu agar keputusan itu (baik) untuk kepentingan Ukraina," ujar dia seperti dikutip Reuters.

Dalam petunjuk kemungkinan kompromi, Zelenskyy menyebutkan sebelumnya, Ukraina siap menerima jaminan keamanan dari Barat yang menghentikan tujuan jangka panjangnya untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Rusia melihat keanggotaan Ukraina di aliansi Barat tersebut di masa depan sebagai ancaman dan telah menuntut jaminan bahwa mereka tidak akan pernah bergabung dengan NATO.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyatakan, terlalu dini untuk memprediksikan kemajuan dalam pembicaraan dengan Ukraina.

"Pekerjaannya sulit, dan dalam situasi saat ini fakta bahwa (pembicaraan) berlanjut mungkin positif," ungkapnya seperti dilansir Reuters.

Sumber: tribunnews

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close