SoftBank Mundur dari Proyek IKN, Karena Isu Masa Jabatan Presiden?

SoftBank Mundur dari Proyek IKN, Karena Isu Masa Jabatan Presiden? 

KONTENISLAM.COM - SoftBank Group memutuskan mundur dari proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim). Disinyalir mundurnya bank dari Jepang itu dipicu situasi politik.

Direktur Center of Econmics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, salah satu faktor yang memengaruhi SoftBank mundur dari proyek IKN Nusantara adalah masalah keuangan di internal mereka.

“SoftBank telah memiliki masalah keuangan internal dan diperparah selama masa pandemi. Kerugian SoftBank dari Wework tahun 2020, Alibaba tahun 2021 belum bisa tergantikan hingga saat ini,” ujar Bhima Yudhistira ketika dihubungi JawaPos.com, Minggu (13/3).

Menurut Bhima Yudhistira, faktor lain yang menyebabkan SoftBank mundur dari proyek IKN Nusantara disinyalir ada campur tangan politik dalam pembangunan IKN.

“Kegaduhan belakangan soal perpanjangan masa jabatan presiden membuat investor memilih wait and see. Investasi di IKN bukan jangka pendek, tapi butuh kepastian jangka panjang. Dikhawatirkan risiko politik terkait pemilu akan membuat proyek IKN terkendala, bahkan bisa berhenti total,” jelasnya.

Pendapat lain dari Bhima Yudhistira, SoftBank ke depannya lebih fokus pada pembangunan start up digital. Bukan lagi proyek pemerintahan, khususnya negara berkembang.

“Mundurnya SoftBank memberi sinyal kepada investor di balik SoftBank bahwa strategi perusahaan akan lebih fokus pada pendanaan startup digital, bukan proyek pemerintahan,” ungkapnya.

Sebelumnya, SoftBank memilih hengkang sebagai investor dalam pembangunan IKN. “Kami tidak berinvestasi dalam proyek ini, tapi kita tetap lanjut berinvestasi di Indonesia melalui portofolio perusahaan SoftBank Vision Fund,” jelas keterangan perusahaan dikutip dari Nikkei Asia, Minggu (13/3).

Sumber: jawapos

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close