8 Cara Alami Sembuhkan Sariawan dengan Cepat Saat Puasa Ramadan

8 Cara Alami Sembuhkan Sariawan dengan Cepat Saat Puasa Ramadan 

KONTENISLAM.COM - Ketika berpuasa, sariawan mudah menyerang seseorang karena lonjakan bakteri di dalam mulut.

Hal ini membuat Anda yang sariawan saat puasa Ramadan menjadi tidak nyaman dan tersiksa ketika ingin menyantap makanan sahur ataupun berbuka. Lantas bagaimana cara menyembuhkan sariawan saat sedang puasa?

Sariawan ialah suatu kelainan pada selaput lendir mulut, yang ditandai adanya bercak luka berwarna putih pada dinding mulut atau bibir. Meski lukanya kecil, sariawan ini dapat membuat Anda merasa nyeri hebat dan nafsu makan menurun.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari sariawan, misalnya makan dengan tenang agar bibir atau lidah tidak tergigit. Pastikan gigi dan mulut selalu terawat, berkumurlah dengan antiseptik jika ada gangguan sariawan, serta hindari stres.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini cara alami menyembuhkan sariawan dengan mudah dan cepat:

1. Mengunyah daun kemangi Melansir dari okutimurkab.go.id, ketika Anda mengalami sariawan, cobalah saat berbuka untuk mengunyah 4-5 lembar daun kemangi dan air minum. Cara ini cukup efektif untuk meredakan nyeri sariawan dan segera menyembuhkan.

2. Makan tomat mentah Makan tomat mentah merupakan obat untuk menyembuhkan sariawan. Selain itu Anda bisa juga berkumur dengan jus tomat. Cara ini bisa Anda coba ketika sahur ataupun berbuka.

3. Mengoleskan dengan kunyit dan teh gliserin Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengobati sariawan adalah dengan mengoleskan ramuan pasta. Ramuan ini terbuat dari tumbukan kunyit dicampur dengan satu sendok teh gliserin. Cara mengaplikasikannya cukup dengan mengoleskan pasta dibagian luka.

4. Mengoleskan pasta gigi Pasta gigi juga dapat menyembuhkan sariawan dengan cepat. Caranya cukup dengan mengoleskan pasta gigi ke luka.

5. Menghindari minuman panas Ketika Anda sariawan, penting untuk Anda menghindari minuman panas seperti teh, kopi. Selain itu, hindari makanan berminyak, serta makanan pedas juga, karna hanya akan memperburuk kondisi luka di mulut Anda.

6. Konsumsi vitamin C Mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin C, misalnya, makanan seperti yogurt, susu, keju dan jus jeruk bisa juga untuk menyembuhkan sariawan Anda.

7. Berkumur dengan air garamDikutip dari beautynesia.id, ketika Anda sariawan, Anda dapat berkumur dengan air garam dan soda kue. Air garam bisa membantu mengeluarkan cairan ke dalam jaringan yang meradang. Hal ini membuat sariawan bisa sembuh lebih cepat.

Caranya mengaplikasikan nya cukup mudah, kamu hanya perlu mencampur 1 gelas air dengan 1 sdt garam dan ½ sdt soda kue. Kemudian kumur-kumur selama 30 detik lalu buang dan lakukan sebanyak 3-4 kali sehari.

8. Mengoleskan madu Madu bisa dimanfaatkan untuk obat sariawan. Caranya cukup mudah, yaitu cukup dengan mengoleskan madu di bagian bibir atau lidah yang sariawan.

Sumber: tempo

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close