Anies Bakal Salat Id di Jakarta International Stadium, Ribuan Orang Diperkirakan Akan Hadir

Anies Bakal Salat Id di Jakarta International Stadium, Ribuan Orang Diperkirakan Akan Hadir 

KONTENISLAM.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Ribuan orang diperkirakan juga akan salat di sekitar stadion baru yang bakal maenjadi markas klub Persija Jakarta itu.

"Pak Anies pastinya datang (di JIS) pas Shalat Idul Fitri," kata Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Dikmental DKI Jakarta Aceng Zaini di Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Meski demikian Aceng tidak menjelaskan alasan Anies memilih JIS untuk melangsungkan Salat Idul Fitri.

Kemungkinan Anies akan Salat Id di JIS sekaligus untuk mempromosikan stadion itu sudah rampung dan sudah melaksanakan peresmian awal (soft launching) pada Selasa (19/4).

Pada Idul Fitri 2021, Anies melangsungkan Shalat Id di kediaman pribadinya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, ketika kasus COVID-19 meninggi.

Salat ied kata Aceng, tidak dilakukan di dalam lapangan stadion utama namun di halaman luar, tepatnya di pintu gerbang utama sebelah barat atau Plaza JIS.

Gerbang barat itu, kata dia, memiliki daya tampung 6.000 hingga 8.000 orang.

"Maksimalnya itu, kami batasi sebagai antisipasi saja. Kan awalnya 5000-6000, tapi kalau membeludak bisa kami geser sampai belakang, menyambung ke timur," katanya.

Sedangkan untuk tempat parkir disiapkan di bawah stadion yang diperkirakan menampung sekitar 1.900 kendaraan roda empat dan VIP sebanyak 12 kendaraan.

Untuk roda dua diarahkan ke gedung Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter yang berada di seberang JIS dengan kapasitas sekitar 1.000 unit.

Meski begitu, ia mengimbau masyarakat yang ingin Salat Id di JIS menggunakan transportasi umum seperti Bus TransJakarta.

Untuk malam takbiran, kata dia, rencananya ada bedug takbiran dari perwakilan masyarakat dari masing-masing enam wilayah di DKI mulai pukul 20.00-22.00 WIB.

"Tidak ada seremonial, hanya kreasi-kreasi namanya kan festival malam takbiran untuk menambah semaraknya malam Idul Fitri, ada takbiran dan penabuh bedug diiringi takbir," katanya.

Sumber: suara

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close