BERITA MENYESATKAN 👉 Jamaah Haji DISUBSIDI Pemerintah Rp 41 Juta - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BERITA MENYESATKAN 👉 Jamaah Haji DISUBSIDI Pemerintah Rp 41 Juta


MENYESATKAN

Berita ini sangat menyesatkan, dan pejabat yang ngoceh di depan wartawan/masyarakat, jika redaksi kalimatnya persis seperti yang dikutip oleh wartawan, maka dia telah menyebarkan berita bohong.

1. Jamaah haji itu menyetor uang bahkan bertahun-tahun sebelum berangkat. Misal, Tuan A, dia setor lengkap biaya hajinya tahun 2010, baru naik haji tahun 2022. Artinya apa? Selama periode itu, uangnya dipegang oleh pemerintah. 12 tahun, ada yang 30 tahun.

2. Atas uang ini kemudian diinvestasikan. Lantas dapatlah imbal hasil, uang itu bertambah. Nah, bayangkan saat pemerintah mengelola 160 Trilyun dana haji jamaah yang lagi antri (ada 5 juta antrian). Jika bagi hasil investasinya adalah ekuivalen 8% saja per tahun, crazy nilainya 10 Trilyun lebih.

3. Maka, apakah benar PEMERINTAH mensubdisi? Benar-benar halu deh, kamu. Berhentilah kamu kalau ngomong bantuan, bilangnya bantuan
presiden, bantuan menteri, bantuan gubernur. Itu bukan duit kamu. Coba giliran utang, kamu pasti bilang utang negara. Kenapa nggak disebut utang Jokowi, utang Sri Mulyani, utang pejabat-pejabat.

4. Apalagi dalam kasus dana haji ini, seriusan, PEMERINTAH mensubsidi? Wah, lucu, Kawan. Ayolah, berhenti ngoceh begini. Bahkan saat betulan disubsidi, itu bukan duit pemerintah. APBN, APBD, dll itu duit rakyat, duit negara. Tidak perlu heroik sekali.

5. Seriusan, berita ini sangat berbahaya. Karena saat dibaca netizen yang pendengki, maka apa komennya, 'Lihat, itu kadrun2 yg protes PPN naik, haji saja disubsidi sama pemerintah'. 'Kok agama lain tdk disubsidi?' Maka muncul fitnah jadinya. Seolah jamaah haji ini membebani negara. Disubsidi.

Jadi tolong diluruskan berita ini. Enak banget kamu bilang pemerintah subsidi 41 juta per jamaah. Itu duit 160 trilyun yg kamu kelola itu duit setoran jamaah semua. Mereka nabung bertahun-tahun, kamu tuh cuma dikasih amanah. Itu bukan duit kamu. Jika haji ini bisa dikelola swasta, boleh jadi 160 trilyun ini menghasilan lebih banyak lagi. 30 tahun nunggu, itu seharusnya malah bisa gratis buat anak cucunya.

Semoga orang2 yg ngoceh soal subsidi pemerintah di dana haji baca tulisan ini. Tolong diperbaiki redaksi komunikasi kalian. 

(By Tere Liye)

*fb
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close