Buya Yahya Anggap Konsep Sedekah Ustaz Yusuf Mansur Seperti Merampok

Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran 

KONTENISLAM.COM -Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya menanggapi konsep bersedekah Ustaz Yusuf Mansur. Menurutnya konsep itu tidak pernah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Hal itu disampaikan oleh Buya Yahya dalam ceramahnya. Video ceramah tersebut kemudian di upload ke YouTube pada Desember 2021.

"Kemudian 'jika kau pria siapa yang begini kemudian berinfak pahalanya begini, bersedakahlah begini' itulah cara nabi. Bukan menunjuk 'ente, kasih sedekah ya. Cincinmu bagus jual ya' nggak ada begitu. Nabi tidak mengajarkan begitu," kata Buya Yahya.
 
Menurut Buya Yahya konsep tersebut seperti merampok. Pada akhirnya, ia menganggap pemberi sedekah besar kemungkinan untuk tidak ikhlas.

"Itu bikin orang lari dari kebaikan jika dengan cara menunjuk, meminta. Itu seperti merampok, rampok pakai malu itu. Rampok kan pakai pedang dengan rasa malu, kalau nggak ngasih kan malu," kata Buya Yahya.
 
Selama ini, Yusuf Mansur dinilai mengajak jamaah bersedekah seperti orang menodong. Apalagi hal itu dilakukannya di depan orang banyak.

Mau tak mau, orang yang dipaksa untuk bersedekah menyerahkan hartanya. Jika tidak, ia bisa malu di depan orang banyak.

"Kalau memberikan imbauan sedekah (nggak apa-apa). Tetap nggak boleh kalau kita bikin malu. Bikin malu nggak diajarkan oleh nabi SAW. Atau bikin orang lari, ini masalah sedekah. Maka lihat, ikhlas harus kita ajarkan untuk diri kita sendiri, akhlas kita ajarkan kepada orang lain," papar Buya Yahya.

"Bagaimana cara mengajarkan ikhlas? Cara mengambilnya pun yang cantik dan yang manis. Maka tim-tim pengurus masjid yang cari dana tolong yang cantik mainnya," tuntasnya.[DETIK]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close