Dicibir karena Jadi Ketua Dewan SDA, Luhut: Menko Kerjanya Banyak! - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dicibir karena Jadi Ketua Dewan SDA, Luhut: Menko Kerjanya Banyak!

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan 

KONTENISLAM.COM - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan buka suara atas ditunjuknya dia oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Ketua Dewan Sumber Daya Air (SDA) Nasional.

Penunjukan Luhut di jabatan tersebut memang mengundang respons dari berbagai pihak.

Penunjukan Luhut itu didasari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 53 Tahun 2022 tentang Dewan Sumber Daya Air Nasional. Perpres Nomor 53 Tahun 2022 itu diteken Jokowi 6 April 2022.

Apa tanggapan Luhut?

"Menko itu, saya mau lurusin, Menko itu, semua Menko itu kerjaannya banyak, bukan hanya saya," kata Luhut ditemui di Smesco, Jakarta, Senin (11/4/2022).

Luhut menjelaskan bahwa dirinya sebagai Menkomarinves mengkoordinir Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kementerian PUPR sendiri salah satunya mengurusi sumber daya air.

"Dewan Air karena PUPR itu air, lah dia PUPR di bawah siapa? (Menko) iya di Menko siapa? ya iya saya koordinasinya. Jadi itu aja repot," tambahnya.

Usut punya usut, ternyata posisi Luhut sebagai Ketua Dewan SDA Nasional ini menggeser posisi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dengan demikian, ini sudah kesekian kalinya Luhut menggeser posisi beberapa menteri Jokowi.

Salah satu yang memberikan pandangan terkait penunjukan ini yakni Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon.

Fadli menyebut Luhut Binsar Pandjaitan bak Menkosaurus atau Menteri Koordinator Segala Urusan.

"Menko Marinves kelihatannya sangat dipercaya Presiden. Bahkan ada yang menjuluki Menkosaurus (Menteri Koordinator Segala Urusan)," kata Fadli Zon saat dihubungi, Sabtu (9/4/2022).

Berbeda dengan Fadli Zon, elit senior PDIP Hendrawan Supratikno memandang berbeda.

Dia berpendapat terpilihnya lagi Luhut menjabat jabatan baru berarti memperlihatkan betapa diandalkannya Luhut oleh Jokowi.

"LBP ini benar-benar jadi kepercayaan dan andalan Pak Jokowi. Dia motor penggerak utama untuk melakukan penyisiran hambatan (debottlenecking) dari berbagai program kerja pemerintahan. Stamina dan kemampuan koordinatifnya sangat menonjol," kata Hendrawan. [detik]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close