Mahfud MD Minta Masyarakat Jaga Kehidupan Sosial dan Moral agar Komunis-Radikal Tak Bangkit - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mahfud MD Minta Masyarakat Jaga Kehidupan Sosial dan Moral agar Komunis-Radikal Tak Bangkit

https: img.okezone.com content 2022 04 19 337 2581300 mahfud-md-minta-masyarakat-jaga-kehidupan-sosial-dan-moral-agar-komunis-radikal-tak-bangkit-7WRZdUxfcw.jpg 

KONTENISLAM.COM - Menko Polhukam Mahfud MD menekankan pentingnya menjaga kehidupan sosial dan moral peradaban masyarakat sesuai dengan ajaran Islam.

Menurut dia, hal itu sebagai agenda utama guna mencegah berkembangnya ajaran komunisme dan radikalisme.

Mahfud menjelaskan, dua ajaran tersebut memiliki kesempatan untuk bangkit dan merebak dalam kondisi-kondisi tertentu.

"Komunisme dan radikalisme sebagai pandangan dan cara berpikir tentu memiliki kesempatan bangkit dan merebak. Jika ada pada situasi dan kondisi sosial yang tepat, yaitu saat terjadi ketidakadilan atau saat kehidupan masyarakat mengalami kemerosotan moral," tutur Mahfud dalam keterangan tertulis, Selasa (19/4/2022).

"Maka menjaga kehidupan sosial dan moral peradaban masyarakat sesuai dengan ajaran Islam adalah agenda utama untuk mencegah berkembangnya komunisme dan radikalisme,” imbuhnya.

Dia menuturkan, untuk mencapai tujuan masyarakat tanpa kelas, komunisme melakukan tindakan ekstrem dengan menghalalkan segala cara.

Tindakan ekstrem yang dimaksud Mahfud, yakni kekuasaan negara harus direbut dengan jalan revolusi oleh kelompok proletar.

"Kekuasaan yang dimiliki negara proletariat tak boleh dibatasi sehingga disebut diktator ploretariat yang dalam sejarah negara di dunia selalu melahirkan penderitaan dan akhirnya runtuh satu demi satu," ucapnya.

Radikalisme juga bertentangan dengan ajaran Islam, mulai titik paling prinsipil hingga praktik yang dilakukan.

Ajaran Islam meletakkan kebenaran mutlak hanya milik Allah SWT, sedangkan kebenaran manusia bersifat relatif karena kerelativan manusia itu sendiri.

"Oleh karena itu, setiap yang diyakini sebagai kebenaran oleh manusia harus selalu menyisakan ruang untuk melihat dan berdialog dengan kebenaran lain. Hal ini tak berlaku dalam pandangan radikalisme yang berpangkal pada klaim kebenaran tunggal pada kelompok mereka sendiri," katanya.

Lebih lanjut dipaparkan, kelompok radikal menilai pemikiran pernah lain sudah pasti salah dan harus tunduk pada kebenaran yang diyakini mereka.

Bila tak tunduk, sambung dia, maka harus dibinasakan dengan menghalalkan semua cara termasuk penyiksaan dan pembunuhan.

"Hal ini menurutnya, juga bertentangan dengan ketetapan Allah SWT dalam ajaran Islam yang menciptakan manusia dan umat manusia itu beragam, tidak seragam," jelasnya. [okezone]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close