MASYA ALLAH... Stadion JIS Siap Tampung 24 Ribu Jamaah Sholat Idul Fitri

 

 

KONTENISLAM.COM - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) dengan kapasitas hingga 24.157 orang.

Terkait hal itu, Pemprov DKI Jakarta mengimbau kepada calon jamaah Shalat Idul Fitri untuk datang sebelum pukul 06.00 WIB serta sudah berwudhu dan membawa peralatan pendukung seperti biasa sejak dari rumah.

“Rencananya shalat akan dimulai dengan sambutan pukul 06.30 WIB dan 06.45 WIB insyaallah sudah mulai shalat. Sehingga jamaah dimohon untuk hadir sebelum pukul 06.00 WIB,” kata Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Aceng Zaini, saat dihubungi di Jakarta, Selasa (26/04/2022), dilansir Antara.

Aceng mengatakan untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri nanti, pengelola Jakarta International Stadium menyiapkan area “ramp” barat hingga “concourse” selatan dengan estimasi kapasitas 14.757 orang.

Kendati demikian, pengelola menyiapkan pula area “ramp” timur mengantisipasi antusiasme masyarakat mengikuti Shalat Ied, sehingga kapasitas bisa meningkat hingga 24.157 orang.

“Estimasi kapasitas dari Jakpro 20 ribuan. Insyaallah, JIS siap menampung jamaah Shalat Ied nanti,” kata Aceng.

Aceng mengatakan untuk imam yang nantinya merupakan Juara Nasional Tilawah Dewasa Putra Musabaqah Tilawah Al-Qur’an Nasional Tahun 2018 Ustaz Heri Kuswanto, ditempatkan di saf paling depan laki-laki di “ramp” barat. Sedangkan makmum perempuan dapat menempati zona selatan JIS.


 


“Untuk mengikuti Shalat Ied di JIS, jamaah tidak perlu mendaftar. Namun, kami meminta agar jamaah tetap memakai masker,” kata Aceng.
Panitia juga menyiapkan 60 titik area wudhu yang tersebar di empat tangga (grand stair) timur dan barat, empat unit toilet, ditambah 20 titik keran yang didukung truk pompa PAM Jaya di sisi barat JIS.

Sementara itu, untuk tempat parkir terbatas 2.000 kendaraan. Sehingga, jamaah diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan kendaraan umum atau menggunakan kantong-kantong parkir lain di sekitar JIS.

Aceng mengatakan pintu timur dan pintu barat JIS dibuka semua untuk keluar-masuk jamaah.

Selain itu, pintu masuk Taman BMW juga. Namun, belum disebutkan secara rinci bagaimana panitia Shalat Ied di JIS akan mengatur alur keluar-masuk jamaah tersebut.

Sementara itu, kata Aceng, shalat berjamaah sudah tidak lagi menerapkan jaga jarak harus satu meter. Kendati demikian, panitia akan mengatur agar jarak antara satu jamaah dengan jamaah lainnya tidak terlalu rapat.

Berikut daftar tata laksana Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah di JIS:

Khatib: KH Muhammad Cholil Nafis Ph.D (Ketua MUI Pusat)

Imam: Ust Heri Kuswanto

Bilal: Ust Abdullah Hanafi

MC: Ust Muklis M Sos

Petugas Takbir: Ust Sofyan

Panduan Protokol Kesehatan:

- Telah berwudhu di rumah masing-masing
- Membawa sajadah dan perlengkapan shalat sendiri
- Wajib menggunakan masker
- Mencuci tangan dengan sabun ketika masuk dan keluar area shalat
- Menjaga jarak antarjamaah tidak terlalu rapat
- Menghindari berkerumun saat masuk dan keluar masjid

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close