Partai Buruh dan Serikat Pekerja Akan Aksi "May Day" 1 Mei dan 14 Mei - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Partai Buruh dan Serikat Pekerja Akan Aksi "May Day" 1 Mei dan 14 Mei

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal berorasi saat memimpin unjuk rasa buruh rasa di depan Kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Jakarta, Rabu (16/2/2022). Pengunjuk rasa yang tergabung dari sejumlah organisasi buruh tersebut, menuntut pencabutan Permenaker No 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) dan pengunduran diri Ida Fauziah sebagai Menaker. 

KONTENISLAM.COM - Presiden Partai Buruh Said Iqbal menyebut bahwa pihaknya dan sejumlah serikat pekerja bakal melakukan aksi memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day pada 1 Mei 2022 nanti.

Said mengatakan, aksi akan dihelat di depan Kantor KPU dengan mengusung tuntutan pemilu jujur adil, tolak politik uang, dan pemilu harus diselenggarakan 14 Februari 2024.

“Dari KPU, aksi akan dilanjutkan di Bundaran Hotel Indonesia dengan menyuarakan tuntutan tolak omnibus law, turunkan harga kebutuhan bahan pokok, dan copot Menteri Perdagangan yang telah kalah dengan mafia minyak goreng,” ungkap pria yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu, Kamis (21/4/2022).
 
Ia mengeklaim bahwa aksi juga bakal dilakukan di kantor KPUD provinsi.

Di samping itu, Said menyebut bahwa aksi buruh dan partainya bukan hanya dilakukan pada 1 Mei 2023, melainkan juga pada 14 Mei 2022.

"Dalam perayaan May Day 14 Mei 2022 akan dihadiri Partai Buruh bersama 4 konfederasi serikat buruh, 60 federasi serikat buruh tingkat nasional, Serikat Petani Indonesia (SPI), Jala PRT, UPC, forum guru honorer, gerakan perempuan Indonesia, buruh migran, ojol, oganisasi pemuda dan kemahasiswaan," jelasnya.

Di Ibukota, Jakarta International Stadium (JIS) jadi salah satu pilihan lokasi aksi pada 14 Mei 2022, selain Istora Senayan.
 
"Aksi ini akan diikuti 100 ribu buruh dengan melibatkan buruh se-Jabodetabek di DPR RI. Setelah itu, akan dilakukan deklarasi perjuangan buruh oleh Partai Buruh dan gerakan buruh Indonesia di Jakarta International Stadium (JIS) atau Istora Senayan," ujar Said.

"Selain di Jakarta, aksi tanggal 14 Mei juga diikuti puluhan ribu buruh di Bandung, Semarang, Surabaya, Makasar, Banjarmasin, Medan, Batam, Ternate, Gorontalo, Manokwari, dan ratusan kota besar lainnya," klaim dia.[kompas]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close