Pengamat: Tinjau Bareng Formula E, Bisa Diartikan Jokowi Dukung Anies di Pilpres 2024 - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengamat: Tinjau Bareng Formula E, Bisa Diartikan Jokowi Dukung Anies di Pilpres 2024

 

KONTENISLAM.COM - Usai meninjau bareng sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, pengamat politik Robi Nurhadi menilai hal itu merupakan sinyal Jokowi mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Pengamat politik ini menilai kemesraan tersebut bisa diartikan Jokowi mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Robi Nurhadi mengatakan, meski tidak dinyatakan secara terbuka, kehadiran Jokowi meninjau Sirkuit Formula E dan tampil bareng Anies bisa dimaknai Jokowi mendukung Anies menuju Pilpres 2024.

Sebab, bukan rahasia lagi kalau politik sarat dengan simbol.

“Bisa diartikan Jokowi dukung Anies (di Pilpres 2024),” kata Pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) ini, Senin (25/4/2022).

Robi Nurhadi juga mengatakan, momen kemesraan Jokowi-Anies di Sirkuit Formula E merupakan ramadhan effect atau berkah ramadhan.

“Ini bisa jadi juga bagian dalam rangka mempertahankan posisi politik Jokowi sampai 2024,” katanya.

“Kita tahu Jokowi kan ditekan habis-habisan sebelum 11 April lalu, sebelum Jokowi akomodatif dengan mengeluarkan closing statement soal
Pemilu 2024,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Robi, pertemuan ini juga dalam rangka menyempurnakan proses politik membangun kedamaian.

Jokowi tidak ingin ada tekanan setelah dia tak lagi menjabat Presiden pada 2024.

Pada sisi sebaliknya, Anies yang diserang habis-habisan oleh kelompok yang dikenal sebagai pendukung Jokowi, hari ini malah ‘didatangi’ Presiden Jokowi.

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendampingi Presiden Jokowi meninjau sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. Jokowi berharap awal Juni balapan Formula E sudah bisa digelar.

Di tengah kritikan dari kubu sebelah kepada Anies Baswedan soal Formula E ini, terutama Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan PDIP, Presiden Jokowi justru meninjau sirkuit di Ancol didampingi Anies Baswedan.

Presiden Jokowi mengatakan trek balapan Formula E sudah siap.

Jokowi juga memberikan catatan terkait persiapan Formula E. Dia berharap masyarakat bisa melihat Formula E pada Juni mendatang.

“Ya saya ingin melihat persiapan formula E seperti apa dan di lapangan seperti kita lihat, saya kira untuk trek balapannya sudah siap,” kata Jokowi kepada wartawan, Senin (25/4).

“Kemudian mungkin yang tinggal dikejar paddock dan untuk grandstand-nya, masih ada waktu habis Lebaran. Dan ya kita harapkan di awal Juni, kita bisa melihat balapannya,” ujar Jokowi lagi.

Sementara itu, Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas kunjungannya di Sirkuit Formula E.

“Terima kasih Bapak Presiden Joko Widodo sudah menyempatkan hadir ke Sirkuit Formula-E di Ancol siang ini,” ucap Anies lewat akun Instagramnya, seperti dilihat, Senin (25/4/2022).

Kunjungan Jokowi ke Sirkuit Formula E itu sempat disiarkan langsung melalui akun Instagram milik Anies. (pojoksatu)

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close