Polisi Israel Serbu Jemaah Masjid Al-Aqsa Jelang Salat Subuh, 100 Warga Palestina Terluka - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Polisi Israel Serbu Jemaah Masjid Al-Aqsa Jelang Salat Subuh, 100 Warga Palestina Terluka

Polisi Israel Serbu Jemaah Masjid Al-Aqsa Jelang Salat Subuh, 100 Warga Palestina Terluka 

KONTENISLAM.COM - Bentrokan antara pasukan Israel dan warga Palestina kembali pecah. Insiden itu dipicu Polisi Israel menggerebek kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki. Akibatnya, lebih dari 100 warga Palestina terluka.

Wakaf Islam yang menjalankan situs tersebut mengatakan polisi Israel mulai beraksi pada Jumat (15/4) ketika ribuan jemaah berkumpul di masjid untuk sholat subuh.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan warga Palestina melempar batu yang dibalas polisi Israel dengan menembakkan gas air mata dan granat kejut.

Video lain menunjukkan jamaah membarikade diri mereka di dalam masjid di tengah apa yang tampak seperti awan gas air mata.

Mengutip Aljazeera, Layanan darurat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan telah mengevakuasi sebagian besar korban luka ke rumah sakit. Wakaf mengatakan salah satu penjaga di lokasi ditembak di mata dengan peluru karet.

Bulan Sabit Merah Palestina menambahkan bahwa pasukan Israel telah menghalangi kedatangan ambulans dan paramedis untuk mencapai masjid, guna memberikan pertolongan medis terhadap puluhan jemaah yang terluka masih terjebak di dalam kompleks.

Polisi Israel mengatakan mereka memasuki kompleks, situs tersuci ketiga dalam Islam dan dihormati oleh orang-orang Yahudi sebagai Temple Mount, untuk membubarkan kerumunan "kekerasan" yang tersisa di akhir sholat subuh.

Mereka mengatakan mereka masuk "untuk membubarkan dan mendorong kembali" kerumunan setelah sekelompok orang Palestina mulai melemparkan batu ke arah ruang doa Yahudi di Tembok Barat.

Dilaporkan dari Gerbang Damaskus oleh reporter Al Jazeera, Najwan al-Samri, pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsha tanpa alasan dan menyerang jemaah di dekat ruang sholat Qibly setelah sholat subuh.

Dia menambahkan bahwa eskalasi terjadi ketika kelompok-kelompok Yahudi sayap kanan menyerukan penggerebekan terhadap kompleks Masjid Al-Aqsa selama liburan Paskah Yahudi, dan persembahan hewan kurban di halamannya, yang belum pernah terjadi sejak zaman kuno.

Ramadhan tahun ini bertepatan dengan hari raya Paskah Yahudi dan pekan suci umat Kristen, membawa ribuan peziarah dan pengunjung lainnya ke Yerusalem.Sumber: sinpo

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close