Soal Penundaan Pemilu, AHY: Mereka Ingin Berkuasa Tanpa Proses Konstitusi - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Penundaan Pemilu, AHY: Mereka Ingin Berkuasa Tanpa Proses Konstitusi

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam acara Malam Silaturahmi dan Kontemplasi di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/4/2022). 

KONTENISLAM.COM -Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menilai, ada sejumlah pihak yang ingin berkuasa tanpa melewati proses konstitusi.

Hal ini terlihat dari munculnya wacana perpanjangan masa jabatan presiden dan penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Enggak ada angin, enggak ada hujan tiba-tiba ada sejumlah kalangan yang menyuarakan wacana penundaan Pemilu 2024, ditunda 3 tahun dengan alasan yang sulit diterima oleh akal sehat, tidak relevan, dan mengada-ada,” ujar AHY dalam acara Malam Silaturahmi dan Kontemplasi di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/4/2022).

“Sederhananya, mereka mau melanggengkan kekuasaan tanpa mengikuti proses konstitusi, artinya tanpa dipilih langsung oleh rakyat,” ucap dia.

AHY menilai, pihak yang berupaya melanggengkan kekuasaan, memperpanjang kekuasaan tanpa dipilih langsung oleh rakyat artinya mereka tidak memperoleh mandat dari masyarakat.

Sebab, mandat dan legitimasi kekuasan itu berasal dari rakyat.

Kesepakatan bangsa ini adalah pemilihan prisiden dengan sistem pemilihan langsung oleh rakyat.

AHY juga menyoroti soal wacana amendemen undang-undang.

Menurut dia, mengutak atik undang-undang agar bisa mengakomodasi kepentingan tertentu merupakan contoh pengkhianatan terhadap konstitusi. 

“Ini berbahaya, memang kita tahu bahwa undang-undang atau konstitusi bukan kitab suci, tetapi kalo amendemen konstitusi ditujukan hanya untuk mengotak atik akal-akali agar bisa akomodasi rencana-rencana untuk melenggangkan kekuasan tadi maka mereka telah mengkhianati konstitusi,” ucap AHY.

“Lebih bahaya lagi, kalau kontak pandora sudah terbuka, karena berikutnya apa? Kalau penundaan pemilu digoalkan, lalu presiden tiga periode, lalu empat periode, kenapa tidak seumur hidup sekalian?” tutur dia. [kompas]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close