Ustadz Yusuf Mansur Ngaku Paksa Jamaah Sedekah: Gue Bosen Miskin, Nggak Enak Banget... - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ustadz Yusuf Mansur Ngaku Paksa Jamaah Sedekah: Gue Bosen Miskin, Nggak Enak Banget...

Ustaz Yusuf Mansur menjadi bahan pembicaraan netizen hingga manjadi salah satu trending di Twitter usai video marah-marahnya viral. 

KONTENISLAM.COM - Video lawas Ustadz Yusuf Mansur yang mengaku memaksa jamaah bersedekah, kembali viral.

Bahkan, ustadz Yusuf Mansur bilang dirinya bosan miskin. Karena itu, dia diduga melakukan pemaksaan sedekah pada jamaah yang menghadiri pengajiannya.
 
Pengakuan ustadz Yusuf Mansur itu terungkap di acara Hotman Paris Show pada 23 Desember 2021 lalu.

Awalnya Melaney Ricardo mempertanyakan isu yang beredar soal Yusuf Mansur kerap memaksa jamaah sedekah saat menggelar pengajian.

“Ustadz boleh luruskan. Ada yang berpendapat bahwa ceramahnya ustadz itu selalu meminta jamaah bersedekah. Tapi dengan cara agak sedikit memaksa. Nah seperti apa yang sebetulnya?” tanya Melaney seperti dikutip FIN dari Chanel YouTube Hotman Paris Show pada Rabu (13/4/2022).

“Jadi saya ini ceritanya bosen jadi orang miskin, susah. Enggak enak banget jadi orang miskin. Kemudian dikenalkanlah dengan ilmu sedekah,” ucap Ustadz Yusuf Mansur.
 
“Bosan jadi orang miskin? Gak enak jadi orang susah? Kayaknya semua deh,” sahut Hotman Paris sembari tertawa.

 “Bosen jadi orang susah, apa hubungannya ustadz?” cecar Melaney penasaran.

Ustadz Yusuf Mansur lantas menceritakan bahwa dirinya harus hidup susah dengan berdagang es di terminal. Namun tak pernah berhenti bersedekah.

“Sampai akhirnya saya bisa beli salah satu klub sepak bola,” kata Yusuf Mansur. “Bapak beli klub bola? Yang mana itu?” tanya Hotman.
 
“Iya bang, klub bola di Eropa di Polandia tempat Egy Maulana Vikri pemain bola Indonesia, main bola yaitu Lechia Gdansk,” jelasnya.

Dia mengenang jualan es naik turun bus. Lalu dia mencoba sedekah dari barang dagangannya. Awalnya jualan pakai termos, akhirnya bisa jualan menggunakan gerobak.

“Saya mikir gila ya ilmu sedekah ini. Akhirnya saya pencet terus. Injak terus sampai akhirnya dibukalah rizki sama Allah,” papar Ustadz Yusuf Mansur.

Merasa dirinya bisa sukses dari sedekah, Ustaz Yusuf Mansur mengakui dirinya sering memaksa jamaah untuk sedekah. Tujuannya agar terbebas dari kesusahan hidup.
 
“Nah saya kalau lihat orang susah itu saya kayak maksa gitu lho. Kayak lampu merah. Kalau lu enggak dipaksa berhenti lu celaka,” terang Yusuf Mansur.

Ustaz Yusuf Mansur menyebut dirinya bukan guru renang.

"Kalau gue guru renang ya gua paksa renang lah ya, kalau guru masak gue paksa masak. Nah gue lagi ngajar sedekah, ya gue paksa sedekahlah,” tukasnya.

Namun, lanjutnya, orang menuduh dirinya makan duit sedekah. "Padahal dari dulu saya nggak pernah makan duit sedekah, dari dulu saya makannya nasi,” kata Yusuf Mansur.
 
Hotman Paris lalu menanyakan kemana larinya uang sedekah tersebut.

"Jadi duit sedekah itu bapak kemanain?," tanya Hotman Paris.

"Yaitu terserah panitia yang punya acara yang ngundang saya," jawab Ustaz Yusuf Mansur.

Yusuf Mansur berani berjanji akan berhenti menjadi ustadz jika terbukti menyelewengkan uang sedekah.
 
Ia juga meminta orang-orang yang merasa dirugikan olehnya untuk melaporkan pada Hotman Paris di Kopi Joni.

"Nih buat semua yang pernah ngundang saya dari tahun '99 sampe 2021, nih bila ada, satu saya pasang tarif, dua saya bawa duit Anda, tiga uang sedekahnya saya gondol. Udah ke Kopi Joni. Kalau bener saya langsung berhenti deh jadi ustadz," tegasnya.

Yusuf Mansur juga membantah dirinya memaksa orang sedekah untuk kepentingan pribadinya. "Ngapain sih bawa bawa duit orang," urainya.

Hotman Paris kembali menanyakan asal usul kekayaan Yusuf Mansur. "Lalu kekayaan Anda itu darimana," tanya Hotman Paris lagi.
 
"Ya dari bisnis asli. Kita ada bisnis food, bisnis beverage, ada hotel, travel," tuturnya.

"Sumber dananya dari mana? cecar Hotman. "Ya sumber halal-lah. Kayak Wirda putri saya dia jualan kosmetik. Nilai transaksinya udah lumayan. Nah, dari situ ada. Kalau orang ahli sedekah, itu ada ada rejekinya. Percaya omongan saya," ucapnya.

Yusuf Mansur juga mengakui dirinya pernah masuk penjara. Dirinya dua kali di penjara. Menurutnya masuk penjara bukan sesuatu yang jelek. Di dalam penjara, lanjutnya, dia belajar menulis dan khatam Al-Quran. 

Sumber: fin.co.id

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close