BNPT: Khilafatul Muslimin Berpotensi Lahirkan Terorisme - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BNPT: Khilafatul Muslimin Berpotensi Lahirkan Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meminta pemerintah daerah waspada karena paham Khilafah bertentangan dengan Pancasila. 

KONTENISLAM.COM - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meminta agar pemerintah daerah mewaspadai gerakan organisasi Khilafatul Muslimin. BNPT menilai organisasi itu berpotensi melahirkan terorisme.

Hal itu disampaikan BNPT usai Khilafatul Muslimin menggelar konvoi pemotor seraya membawa poster bertuliskan 'Kebangkitan Khilafah'.

"Terkait Khilafatul Muslimin BNPT telah mengkoordinasikan pemerintah daerah, forkopimda di seluruh wilayah NKRI untuk mewaspadai gerakan ini karena bertentangan dengan falsafah bangsa dan berpotensi melahirkan gerakan terorisme," kata Direktur Pencegahan BNPT RI Ahmad Nuwakhid kepada wartawan, Selasa (31/5).

Dia menganggap Khilafatul berkaitan erat dengan sejumlah kelompok terorisme yang ada di Indonesia ataupun dunia.

Nurkhwahid juga menganggap organisasi tersebut memiliki ideologi yang berbahaya meski mengaku tidak ingin merongrong NKRI.

"Aspek ideologi sangat berbahaya dengan memiliki cita ideologi khilafah di Indonesia sebagaimana HTI, JI, JAD maupun jaringan terorisme lainya," ucap dia.

Sebelumnya, beredar video konvoi pesepeda motor di Jakarta pada Minggu lalu (29/5).

Mereka membawa poster bertuliskan kebangkitan khilafah dan bendera dengan aksara Arab.

Khilafatul Muslimin mengakui itu adalah anggotanya. Amir Khilafatul Muslimin DKI Jakarta Abudan mengklaim konvoi sudah dilakukan sejak 2018.

Dia mengklaim kelompoknya tak pernah bermaksud merongrong NKRI atau merebut kekuasaan dari pemerintah Republik Indonesia.

Kepolisian tengah mencari identitas para pemotor yang terlibat dalam konvoi. Jika identitas sudah dikantongi, pelaku akan dipanggil untuk klarifikasi.

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri pun menyatakan akan menyelidiki peristiwa tersebut.

"D88 Sudah monitor dan masih menyelidiki peristiwa ini dengan bekerja sama dengan unit kepolisian terkait lainnya," kata Kabagbanops Densus 88 Antiteror Polri Kombes Aswin Siregar. [cnnindonesia]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close