Bos Freeport Bongkar Rencana Jokowi yang Ingin Bangun Bank Emas di Indonesia - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bos Freeport Bongkar Rencana Jokowi yang Ingin Bangun Bank Emas di Indonesia

freeport indonesia
 
KONTENISLAM.COM - Tony Wenas selaku Presiden Direktur PTFI membeberkan bahwa Jokowi sedang berencana untuk membangun bank emas atau bullion bank di Indonesia.  
 
PT Freeport Indonesia yang berlokasi di Gresik akan memproduksi hilirisasi katoda tembaga hingga emas. 
 
Menurut Tony Wenas, emas yang diproduksi oleh PT Freeport Indonesia nantinya akan menjadi sumber atau funding bank emas itu sendiri.
 
“Tentu saja ada hubungannya (dengan bullion bank) karena ada supply-nya di dalam negeri. Jadi emas yang akan kita produksi tadi saya sampaikan sekitar 35-50 ton tergantung kadar di tambangnya. Itu tentu saja akan sangat berguna untuk menjadi sumber atau funding untuk bullion bank itu sendiri,” kata Tony Wenas, Selasa 10 Mei 2022. 
 
Mekanisme bullion bank alias bank emas tersebut akan diatur oleh pemerintah Indonesia. 
 
Serta perlu diketahui bahwa rencana Jokowi untuk membangun bank emas bukanlah wacana semata.
 
Karena sudah kesediaan atau inventaris oleh perusahaan tambang di Indonesia yang memproduksi emas. 
 
“Tetapi wacana itu sudah dibicarakan bukan hanya sekedar wacana, sudah di inventaris dan bukan PTFI saja yang memproduksi emas di Indonesia, ada cukup banyak perusahaan tambang emas,” ungkapnya. 
 
Tony Wenas juga menjelaskan jika Indonesia membangun bank emas maka bangsa ini akan ketiban durian runtuh. 
 
Indonesia memiliki banyak sumber emas yang sangat melimpah dan tersebar di beberapa daerah tanah air.
 
“Bagaimana pemerintah mengatasinya? Nah itu masih subject to review ya masih tergantung dengan bagaimana mekanisme yang akan diatur oleh pemerintah seperti apa. Tetapi paling tidak source-nya ada ini. Tinggal mekanismenya diatur seperti apa,” tuturnya. 
 
Peleburan atau smelter tembaga baru di Gresik akan membuat kira-kira 500 sampai 600 ton katoda tembaga, dan juga 35-50 ton emas per tahun. 
 
“Jadi smelter tembaga itu akan menghasilkan katoda tembaga dan juga kita membangun fasilitas yang namanya precious metal refining,” lanjut Tony. 
 
Serta nanti akan ada produksi emas yang diubah kedalam emas dan perak batangan. 
 
“Nanti juga diproduksi juga emas dan perak batangan untuk nanti langsung dijual pada customer, kemungkinan besar Antam yang akan meng-off take,” imbuhnya. [terkini] 
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close