Bukan Anies, survei ungkap warga NU lebih condong pilih sosok ini di Pilpres 2024 - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukan Anies, survei ungkap warga NU lebih condong pilih sosok ini di Pilpres 2024

Logo Nahdlatul Ulama (NU) (Arsip NU) 
KONTENISLAM.COM - Sebuah hasil survei untuk mengetahui Calon Presiden (capres) tahun 2024 pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU) mengejutkan semua pihak.
 
Dalam survei secara mengejutkan menunjukkan ada tokoh baru  menjadi pilihan warga NU untuk capres tahun 2024 mendatang.
 
Anehnya, ternyata hasil survei tidak menunjukkan tokoh-tokoh yang selama ini selalu dijagokan maju menjadi capres 2024 mendatang.
 
Adalah Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, yang menempati urutan pertama berdasarkan hasil survei capres 2024 pilihan warga NU.
 
Survei tersebut dijalankan Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) di 118 kabupaten/kota Pulau Jawa secara serentak pada 1 April 2022 lalu.
 
Berdasarkan hasil survey, elektabilitas Khofifah berhasil mencapai 18 persen, diikuti Cak Imin 17,5 persen, dan Erick 13 persen.
 
"Khofifah Indar menempati posisi elektabilitas di 18 persen, Muhaimin Iskandar 17,5 persen dan Erick Thohir 13 persen," ujar Direktur CSIIS, Ali Muhtarom kepada wartawan dilansir pada Sabtu, 7 Mei 2022.
 
Dijelaskan, elektabilitas tertinggi Khofifah menurut pilihan warga NU lantaran bersikap diam selama ini ditengah suhu politik yang memanas jelang pemilu 2024.
 
Selain juga, Khofifah memiliki modal sebagai Gubernur sekaligus sebagai Ketua Umum Muslimat NU.
 
"Ini adalah posisi strategis. Selama ini dikenal, suara basis dukungan NU paling solid adalah dari kaum perempuan muslimat NU," tutur Ali.
 
Selanjutnya, Ganjar Pranowo, 12,5 persen, Prabowo Subianto 12 persen, Yaqut Cholil Qoumas 7 persen, Anies Baswedan 6 persen, Ridwan Kamil 5 persen, Yenni Wahid 5 persen dan terakhir Said Aqil Siradj dengan elektabilitas hanya 3 persen.
 
Untuk diketahui, untuk memperoleh survey ini, CSIIS mengumpulkan 600 responden Nahdlatul Ulama (NU) yang terdiri dari 300 unsur NU kultural yang terdiri dari kalangan seperti kyai pesantren dan 300 responden unsur NU struktural seperti pengurus cabang NU. [hops] 
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close