Bukan Kaleng-kaleng, Ini Deretan Bisnis Crazy Rich Grobogan yang Digadang-gadang Bakal Nyapres pada 2024 - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukan Kaleng-kaleng, Ini Deretan Bisnis Crazy Rich Grobogan yang Digadang-gadang Bakal Nyapres pada 2024

Bukan Kaleng-kaleng, Ini Deretan Bisnis Crazy Rich Grobogan yang Digadang-gadang Bakal Nyapres pada 2024 

KONTENISLAM.COM - Kekayaan yang dimiliki Joko Suranto hingga disebut crazy rich Grobogan tidaklah instan. Pengusaha yang membangun jalan dengan biaya sendiri di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengeh, adalah sosok sukses yang berjuang dari nol.

Joko Suranto merupakan pengusaha properti yang sukses di Bandung, Jawa Barat. Ia memiliki properti di 14 lokasi berupa perumahan, hotel, dan resort. Juga memiliki beberapa Bank Perkreditan dan sejumlah pabrik.
 
Seluruh perusahaan miliknya di bawah naungan sebuah korporasi Buana Kasiti, dengan penghasilan bersih puluhan miliar rupiah setiap tahunnya.

Tak hanya sukses dalam dunia usaha, Joko pun dikenal sebagai sosok yang gemar berbagi. Aksi sosial itu sudah dilakukan sejak ia masih remaja, atas didikan kedua orang tuanya H. Kasandiarjo dan Siti Naimah.

Bahkan, membangun jalan beton di desanya dengan kocek sendiri sebesar Rp 2,8 miliar bukan kali pertama dilakukan. Dipastikan setiap kali mudik ia selalu memperbaiki jalan desanya. Hanya saja jalan tersebut selalu rusak.

Aksi serupa dengan membangun sejumlah jalan di wilayah Jawa Barat juga pernah dilakukan Joko.

Namun demikian, pria kelahiran Grobogan, 26 Januari 1969 ini pernah mengalami hidup susah dan menjalani banyak pekerjaan untuk membantu orang tuanya. Saat masih duduk di jenjang SMP, ia mengaku pernah numpang hidup di saudaranya atau istilahnya ngenger.

Usia lulus sekolah di MTsN Ngandong Boyolali, ia melanjutkan di SMA Muhammadiyah 1 Solo, dan lanjut kuliah di Fakultas Hukum UNS.

Selepas kuliah ia sempat bekerja di sebuah Bank BUMN di Bandung. Sambil bekerja ia juga berwiraswasta dengan jualan taplak dan baju.

Hingga akhirnya dunia properti mengantarkannya menjadi seorang pengusaha sukses. Kesuksesan itu pula yang membuatnya semakin bersemangat untuk bersedekah dan berbagi dengan sesama.

"Sejak kecil setiap saya punya penghasilan saya sisihkan 30 persen untuk sodaqoh, sampai sekarang," ungkap Joko, dikutip Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (8/5).

Kini ada ratusan pondok pesantren yang disokongnya. Ia dan keluarganya juga sudah membangun puluhan masjid dengan diberi nama Masjid Kasiti, gabungan dari nama kedua orang tuanya.

Sebagai seorang pengusaha sukses, suami dari Taufiana Hidayati ini pun memiliki banyak jaringan dan relasi. Hingga saat namanya tenar sebagai Crazy Rich Grobogan, banyak sahabat dan keluarga yang mendukung Ketua REI Jabar ini untuk maju mencalonkan diri sebagai presiden.

"Saya tidak mau basa basi, kalau ditanya kesiapan saya siap. Karena Presiden itu alat bukan tujuan. Tujuan utama saya adalah berbuat baik," tutur Joko saat berada di Kota Solo, Minggu (8/5).

Keyakinan ini didukung prinsi Joko bahwa hidupnya harus bermanfaat bagi banyak orang dan tidak takut berbuat baik.

"Kita harus mencatatkan diri dalam sejarah, siapapun kita punya kesempatan untuk berbuat baik, yang saya lakukan ini bukan karena saya pinter atau lebih baik. Kunci suksesnya berbakti pada kedua orang tua, berbuat baik pada sesama dan selalu berprasangka baik," tandasnya.

Sumber: RMOL

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close