Disinggung Soal Utang RI Segunung, Nih Jawaban Telak Luhut - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Disinggung Soal Utang RI Segunung, Nih Jawaban Telak Luhut

Keterangan Pers Rapat Terbatas Evaluasi PPKM, Kantor Presiden, Senin (4/4/2022. (Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden) 

KONTENISLAM.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjawab soal banyaknya utang Indonesia.

Menurutnya, jumlah utang yang dimiliki Indonesia terbilang masih kecil.

Luhut menjelaskan utang Indonesia sebesar Rp 7.000 triliun.

Namun angka itu, menurutnya 41% dari PDB negara ini dan mengklaim sebagai yang terkecil di dunia.

"Jadi saya minta saudara-saudara tolong lihat ini karena ini penting supaya kita jangan salah terbawa mengenai utanglah yang ribuan triliun. Ya utangnya memang Rp 7.000 triliun tapi itu masih kecil, 41% dari PDB kita. Jadi ndak ada masalah. Dan kita salah satu utang yang terkecil di dunia ini," kata Luhut dalam Dies Natalis GAMKI ke-60 yang ditayangkan via akun Youtube GAMKI Balikpapan.

Selain itu, dia menuturkan sejumlah indikator ekonomi tanah air kian membaik pasca-pandemi Covid-19.

Salah satu yang Luhut soroti terkait tingkat pengangguran dan juga realisasi investasi.

"Jadi ini data. Jadi saya kira kalau nanti teman-teman GAMKI, orang tanya banyak pengamat-pengamat asal bunyi asal nyinyir itu suruh lihatin aja data ini. Nah dia bisa berdiskusi. Makanya saya suka kadang-kadang suka nantang datang ke mari, bawa angkamu, datamu, kita lihat siapa yang benar," ujar Luhut.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga meminta orang-orang untuk berbicara dengan data. Jangan sampai berbicara menggunakan perasaan.

Menurutnya, banyak pengamat yang asal berbicara saja dan tidak melihat sumber data yang dimiliki benar atau tidak.

"Saya minta pada teman-teman GAMKI, adik-adik juga, selalulah bicara dengan data. Jangan pakai perasaan. Banyak pengamat-pengamat itu asal ngomong aja, ngomong nggak dia lihat sumber datanya bener nggak," kata Luhut. [cnbcindonesia]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close