Jika Anies Baswedan Jadi Presiden Maka Warisan Utang Jokowi Akan Teratasi, Ujar Jamiluddin Ritonga - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jika Anies Baswedan Jadi Presiden Maka Warisan Utang Jokowi Akan Teratasi, Ujar Jamiluddin Ritonga


KONTENISLAM.COM - 
Jamiluddin Ritonga selaku pengamat politik mengatakan pendapatnya terkait Anies Baswedan yang diduga akan mencalonkan diri pada pemilihan presiden nanti. 
 
Jamiluddin Ritonga berujar bahwa penerus Jokowi nanti akan mendapatkan warisan utang yang menggunung. 
 
Sehingga tantangan untuk pengganti Jokowi kelak sangatlah berat. 
 
Kelak jika Anies Baswedan akan menjadi presiden, maka warisan utang Jokowi akan menjadi hambatan dalam membangun Indonesia.
 
“Itu artinya, anggaran pembangunan banyak tersedot untuk membayar bunga utang dan mencicil utang pokok. Akibatnya, anggaran untuk pembangunan menjadi berkurang, sehingga pembangunan melamban berpeluang terjadi,” ujar Jamiluddin Ritonga, Kamis 12 Mei 2022. 
 
Jusuf Kalla pernah mengatakan bahwa pemerintah membayar bunga utang sebesar Rp400 triliun setiap tahun. 
 
Itupun belum termasuk cicilan utang pokok negeri ini.
 
Jamiluddin Ritonga menambahkan jika Anies Baswedan menjadi presiden kelak maka kapasitas sang Gubernur DKI Jakarta tidak diragukan lagi.  
 
Ia mengklaim bahwa Anies Baswedan merupakan orang yang kreatif dan dapat mengatasi masalah warisan utang Jokowi. 
 
Sehingga roda pembangunan Indonesia akan terus berjalan tanpa harus mengikuti strategi pemerintahan Jokowi.
 
“Anies akan menggunakan pendekatan saintifik dalam membangun. Hal itu sudah dilakukannya saat mengatasi pandemi Covid-19 di Jakarta. Hasilnya juga cukup baik dalam mengendalikan penyebaran Covid-19, dan mendapat apresiasi dari berbagai elemen masyarakat,” ungkapnya. 
 
Selanjutnya Jamiluddin Ritonga menilai bahwa Anies Baswedan akan menggunakan pendapat ahli ekonomi untuk membereskan warisan utang Jokowi. 
 
Dengan mengikuti apa kata seorang ahli, maka pembangunan di Indonesia tidak akan berpengaruh pada warisan utang peninggalan Jokowi. 
 
“Hal yang sama tampaknya akan juga dilakukan Anies dalam mengatasi warisan utang. Ia akan menggunakan pakar ekonomi untuk mencari solusi terkait hal itu,” imbuhnya   
 
“Karena itu, ada optimisme pembangunan akan tetap berjalan meskipun warisan utang yang besar dari Jokowi. Anies akan punya solusi berdasarkan masukan dari pakar, sehingga ia tak terpengaruh bayangan masa lalu dari warisan Jokowi,” pungkasnya. [terkini] 
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close