Jokowi Gak Salat Lebaran di Istiqlal, Refly Harun: Dia Takut Kalah Pamor dengan Anies Baswedan di JIS - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jokowi Gak Salat Lebaran di Istiqlal, Refly Harun: Dia Takut Kalah Pamor dengan Anies Baswedan di JIS


KONTENISLAM.COM - Pengamat politik, Refly Harun menyoroti langkah Presiden Joko Widodo yang putuskan melakukan salat Idul Fitri di Gedung Agung Yogyakarta, ketimbang di Masjid Istiqlal Jakarta. 
 
Sementara di sisi lain, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menggelar salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) yang diikuti oleh ribuan warga Jabodetabek. 
 
Refly Harun tidak tahu pasti alasan Jokowi memilih Yogyakarta untuk salat Idul Fitri. Sebab biasanya, presiden selalu menggelar salat lebaran berjamaah di Istiqlal Jakarta.
 
Namun  Refly akui punya analisis politik tersendiri di balik sikap Jokowi tersebut. 
 
"Kita tidak tahu ada acara apa presiden Shalat di Yogyakarta, tetapi bacaan saya saya belum tentu belum benar juga karena namanya analisis politik itu tidak ada benar tidak salah tetapi bisa diterima secara rasional," kata Refly Harun di chanel YouTube pribadinya, dikutip Rabu 4 Mei 2022.
 
Lebih lanjut, dia menganalisa bahwa presiden Jokowi merasa takut kalah saing dengan Anies Baswedan yang menggelar salat di JIS. 
 
"Sepertinya presiden takut kalah pamor dengan salat Ied di Jakarta International Stadium," kata Refly. 
 
Refly mengatakan, dia sempat berkomunikasi dengan seorang pejabat negara. Pejabat yang tersebut kesal lantaran diundang salat di Istiqlal tetapi tidak ada Presiden Jokowi. 
 
"Seorang pejabat negara Ketika saya berkomunikasi dalam tanda kutip marah-marah, Kenapa marah-marah dia diundang ke istana untuk salat di Istiqlal tapi ternyata presidennya pun tak ada," kata Refly harun.
 
Refly Harun menduga, ada dua kemungkinan. Pertama undangan salat Idul Fitri disampaikan sebelum presiden memutuskan untuk salat di Yogyakarta. Ke dua, Jokowi takut kalah pamor dengan JIS. 
 
"Saya mengatakan ada dua kemungkinan bahwa Shalat di Jogja itu setelah melihat perkembangan Jakarta International Stadium yang ternyata diperkirakan warga akan antusias salat di sana dan ini tentu akan mencoreng popularitas Presiden Jokowi, kalau seandainya orang atau Warga Jakarta lebih senang datang ke Jis ketimbang ke Istiqlal," ujar Refly Harun. 
 
Kata Refly Harun, orang lebih suka datang ke Anies Baswedan ketimbang Jokowi sederhana saja karena ada dua faktor faktor kebaruan tempat Jakarta International Stadium (JIS) dan faktor kedua orang udah bosan lihat Istiqlal. [fin] 
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close