Kasus Hepatitis Misterius Disebut Berhubungan dengan Vaksin Covid-19, Benarkah? - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kasus Hepatitis Misterius Disebut Berhubungan dengan Vaksin Covid-19, Benarkah?

Kasus Hepatitis Misterius Disebut Berhubungan dengan Vaksin Covid-19, Benarkah?
 
KONTENISLAM.COM - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membantah kasus hepatitis akut misterius disebabkan oleh vaksin Covid-19. IDAI menilai informasi tersebut belum memiliki dasar yang jelas.
 
Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI Muzal Kadim mengatakan, penyakit hepatitis yang belum diketahui penyebabnya ini justru mayoritas menyerang anak-anak yang belum divaksin Covid-19.
 
"Kasus yang muncul saat ini justru belum divaksin karena kebanyakan anak di bawah 6 tahun bahkan 2 tahun ke bawah ya kalau yang di UK itu banyaknya," kata dokter spesialis anak RS Pondok Indah pada Sabtu (7/5/2022).
 
Muzal mengakui vaksin Covid-19 memang seringkali dikaitkan memiliki efek samping atau juga Messenger RNA (mRNA). Namun, dia menekankan ini karena memang pemberiannya telah banyak diterima hingga efeknya muncul setelah jutaan orang dapat suntikan vaksin itu.
 
"Kalau dikaitkan dengan messenger RNA itu setelah sekian juta pemberian vaksin, itu dikatikan dengan efek samping. Tapi kalau pada kasus yang akut ini tidak dikaitkan dengan vaksin Vovid," ucap dia.
 
Muzal juga menyatakan bahwa belum ada landasan yang kuat untuk menghubungkan kasus hepatitis akut misterius ini dengan Covid-19.
 
"Memang masih diduga berkaitan tapi itu masih dugaan apakah itu suatu kebetulan atau penyebab langsung itu masih dugaan. Selama ini Covid itu tidak pernah menimbulkan gejala seperti yang hepatitis akut berat ini," ujar Muzal.
 
Sumber: bisnis 
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close