Luhut Bakal Audit Semua Perusahaan Sawit Buntut Masalah Minyak Goreng - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Luhut Bakal Audit Semua Perusahaan Sawit Buntut Masalah Minyak Goreng

Menko Luhut akan mengaudit semua perusahaan sawit di Indonesia sebagai buntut dari kelangkaan minyak goreng beberapa waktu lalu. 

KONTENISLAM.COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan berencana mengaudit semua perusahaan sawit menyusul kelangkaan minyak goreng beberapa waktu lalu.

Luhut menyampaikan audit akan dimulai Juni. Menurutnya, langkah ini pertama kali dilakukan dalam sejarah bangsa Indonesia.

"Nanti kami audit juga semua (perusahaan) kelapa sawit yang belum pernah sepanjang sejarah kita lakukan, luasnya berapa, suratnya, HGU-nya (Hak Guna Usaha), HPL (Hak Pengelolaan), statusnya supaya jelas," kata Luhut saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa (24/5).

Pemerintah, ucapnya, juga akan mengaudit kantor pusat perusahaan sawit.

Dia akan melarang perusahaan sawit bermarkas di luar negeri agar pajak bisa masuk ke kas negara.

Pada saat yang sama, Luhut juga akan memantau produksi dan distribusi minyak goreng.

Ia memastikan pasokan minyak goreng berlangsung normal.

"Supply hari ini sudah cukup, lebih, dan sekarang harga sudah mulai turun. Kita pastikan distribusi jalan, penyaluran jalan, pengawasan jalan oleh Satgas Pangan," ujarnya.

Indonesia mengalami kelangkaan minyak goreng beberapa waktu lalu. Hal itu terjadi usai harga sawit dan produk turunannya naik di pasar dunia.

Pemerintah memproses hukum sejumlah pejabat dan pihak swasta yang diduga sebagai dalang kelangkaan minyak goreng.

Para tersangka kasus itu adalah Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana, Senior Manager Corporate Affairs PT Pelita Agung Agrindustri/Permata Hijau Group Stanley MA, dan General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas Picare Tagore Sitanggang sebagai tersangka.

Pemerintah juga sempat melarang ekspor sawit dan produk turunannya. Hal itu dilakukan guna menekan kenaikan harga minyak goreng. [cnnindonesia]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close