Mengapa Tidak Ada Pejabat Top Amerika yang Jemput Presiden Jokowi?

Mengapa Tidak Ada Pejabat Top Amerika yang Jemput Presiden Jokowi? 

KONTENISLAM.COM - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat pada Selasa (10/5) pukul 21.40 waktu setempat atau Rabu pagi WIB.

Agenda utama Jokowi di AS adalah menghadiri KTT Khusus ASEAN-AS di Washington DC pada 12-13 Mei.

Sebelum tiba di AS, Presiden dan rombongan transit di Amsterdam, Belanda. Berdasarkan keterangan Protokol Media dan Pers Istana, setelah pintu pesawat terbuka, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Roeslani naik ke pesawat untuk mempersilakan Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana turun dari pesawat.

Saat Jokowi tiba, tampak sejumlah personel militer AS berbaris dengan membawa bendera Indonesia dan AS. Tidak terlihat ada pejabat Amerika yang menjemput. Jokowi dan Iriana hanya dijemput oleh Special Adviser to the US Chief of Protocol, Asel Roberts.

Menurut Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, tidak adanya penjemputan oleh pejabat AS karena kunjungan kerja Presiden Jokowi bukan merupakan kunjungan bilateral, namun dalam rangka KTT Khusus ASEAN-AS.

Menurut Retno, hal ini juga berlaku saat Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob tiba di Amerika Serikat. Kemudian Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Perdana Menteri Phạm Minh Chính. Mereka dijemput oleh pejabat yang sama, yaitu Asel Roberts.

"Kunjungan kerja Presiden bukan merupakan kunjungan bilateral, namun dalam rangka ASEAN-US Special Summit. Di hari yang sama [10 Mei 2022], tiba juga PM Malaysia, Vietnam dan Kamboja dijemput oleh pejabat yang sama," kata Retno dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/5).

"Vietnam, Malaysia, Kamboja, Indonesia, dijemput oleh Special Adviser  to the US Chief of Protocol, Asel Roberts. Singapura, Laos dijemput oleh Deputy Chief of Protocol, Marcus Switzer," sambungnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan ada juga sejumlah pertemuan dalam lawatan ke negeri Paman Sam itu.

“Bersama kepala negara negara ASEAN lainnya saya akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan US Special Summit selama dua hari,” kata Jokowi dalam konferensi pers di Bandara Soetta sebelum terbang, Selasa (10/5).

“Adapun rangkaian pertemuan yang saya hadiri antara lain: pertemuan dengan anggota Kongres, pertemuan dengan para CEO besar dari AS dan juga pertemuan dengan Wapres Kamala Harris dan tim perubahan iklim AS serta pertemuan tingkat tinggi pemimpin ASEAN dan Presiden Biden,” beber Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan, Indonesia saat ini memegang koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024. Indonesia berharap KTT Khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Sumber: kumparan

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close