Negara Ini Diramal Jadi Lokasi Perang Dunia III, Dekat RI? - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Negara Ini Diramal Jadi Lokasi Perang Dunia III, Dekat RI?

This photo provided by the North Korean government, shows what it says a test fire of newly developed new-type tactical guided projectile by the Academy of Defense Science, at an undisclosed place in  North Korea, Thursday, March 25, 2021. Independent journalists were not given access to cover the event depicted in this image distributed by the North Korean government. The content of this image is as provided Rudal Korea Utara. AP/ 

KONTENISLAM.COM - Ancaman Perang Dunia III (PD 3) makin kencang berhembus.

Hal ini terjadi setelah Rusia melancarkan serangan ke wilayah Ukraina pada 24 Februari lalu.

 Hingga hari ini, eskalasi dalam perang itu diketahui belum benar-benar menurun.

Presiden Lithuania Gitanas Nauseda mengatakan serangan Moskow ke tetangganya itu berpotensi meluas menuju PD 3.

Pada Maret lalu, ia mengatakan akan ada negara lain selain Ukraina di Eropa yang akan menjadi target negara pimpinan Presiden Vladimir Putin itu.

"Satu hal yang jelas, jika (Putin) tidak dihentikan di Ukraina, akan ada Ukraina kedua," kata Nauseda kepada Steve Sedgwick dari CNBC International.

"Mungkin Rumania, mungkin Moldova, mungkin beberapa negara NATO lainnya, dan kemudian itu akan menjadi awal Perang Dunia III."

Namun sebenarnya, Ukraina bukan satu-satunya wilayah yang rentan menjadi templat meledaknya PD 3.

Mengutip 19 fortyfive, Robert Farley, pengajar studi keamanan dan diplomasi di The Patterson School di AS, memaparkan wilayah lain yang berpotensi menjadi lokasi pecahnya perang tersebut.

Berikut empat negara yang berpotensi menjadi lokasi perang:

1. Taiwan

Selama setahun terakhir, Taiwan jadi titik panas antara China dan AS. China menganggap Taiwan sebagai provinsinya namun pulau itu sebaliknya.

Meski belum mengakui kemerdekaan Taiwan, AS, merupakan pendukung utama Taiwan, sudah menyokong sejumlah hal untuk Taipei termasuk militer.

"Perang dapat dimulai dengan beberapa cara berbeda," kata Farley.

"China dapat meluncurkan serangan ... yang dirancang untuk membuat pasukan AS dan Taiwan tidak menyadarinya."

"Dalam segala kemungkinan, eskalasi akan sulit untuk dikelola oleh kedua belah pihak dan perebutan akses ke Taiwan dapat dengan cepat berubah menjadi perang umum," tambahnya.

2. Iran

Iran juga bisa menjadi tempat terjadinya Perang Dunia 3. Negosiasi untuk mengembalikan Iran ke Kesepakatan Nuklir (JCPOA) dengan Barat, China dan Rusia hingga kini masih buntu.

"Jika negosiasi gagal membawa Iran ke dalam kesepakatan, ancaman aksi militer mengintai," ujar Farley.

Meski pemerintahan Biden tampaknya tidak bersemangat tentang prospek perang, sekutu AS di Riyadh (Arab Saudi) dan Yerusalem (Israel) dapat mencoba untuk memicu konfrontasi ini.

"Serupa dengan itu, jika Iran percaya bahwa serangan tidak dapat dihindari, itu bisa mendahului konflik ... Ini bisa membuka peluang di masuknya Rusia dan China." tambahnya.

3. Korea Utara

Negeri Kim Jong Un, Korea Utara (Korut) juga bisa jadi titik Perang Dunia 3.

Korut diketahui memang tak mesra dengan tetangganya Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, yang mendapat dukungan dari AS.

Pembicaraan damai soal nuklir juga tak membuahkan hasil.

Bahkan di awal 2022 ini, negara itu melakukan pengujian senjata sebanyak enam kali dan makin membuat tetangganya khawatir.

4. Himalaya

Terakhir, ketegangan muncul di wilayah ini terkait India dan China. Kedua negara tegang akibat klaim perbatasan. Konfrontasi mematikan sempat terjadi di 2020.

Meski ketegangan menurun, masih banyak hal tak pasti soal masalah China dan India, yang kini merapat erat ke AS.

"Ini merupakan sumber keprihatinan bagi Beijing, terutama mengingat kesediaan baru AS untuk terlibat (India) dalam perjanjian teknologi jangka panjang seperti AUKUS," katanya.

AUKUS sendiri adalah pakta pertahanan AS, Australia dan Inggris di Asia Pasifik.

Salah satu komitmennya adalah membuat kapal selam nuklir untuk Australia. [cnbcindonesia]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close