Pak Anies Apakah JIS Juga Bisa Untuk Acara Umat Agama Selain Islam? Anies: "Amat boleh. Ini (JIS) untuk semua agama." - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pak Anies Apakah JIS Juga Bisa Untuk Acara Umat Agama Selain Islam? Anies: "Amat boleh. Ini (JIS) untuk semua agama."


KONTENISLAM.COM - Ribuan umat muslim di Jakarta melaksanakan salat Idul Fitri di Jakarta International Stadium (JIS) pada Senin (2/5/2022). Bukan hanya warga Jakarta, ada juga yang datang dari luar daerah hanya untuk merasakan salat Ied di stadion yang baru selesai dibangun itu.

Keramaian ini juga rupanya mengundang perhatian internasional. Media internasional dari Jerman Deutsche Welle (DW News) turut memberitakan dengan mengunggah video di laman Twitter @dwnews.

TV Taiwan juga menyiarkan pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS). 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Salat Idul Fitri 1443 Hijriah di Jakarta International Stadium (JIS) merupakan momentum bersejarah karena dilaksanakan di tempat baru dan menandai kemenangan setelah dua tahun pandemi COVID-19.

"Ini adalah kemenangan setelah dua Idul Fitri kami lalui tanpa kebersamaan, tanpa perayaan besar karena perjuangan kita mengendalikan pandemi," kata Anies setelah melaksanakan Salat Idul Fitri di JIS, Senin, 2 Mei 2022.

Dalam kesempatan itu, Anies juga mengucapkan apresiasi kepada para pekerja yang menyelesaikan JIS meski dalam kondisi pandemi COVID-19.

Tak hanya itu, Anies juga mengapresiasi seluruh petugas yang menyiapkan Salat Id di JIS.

"Setelah 13 tahun akhirnya Jakarta memiliki stadion sendiri yaitu JIS. Stadion yang menjadi mahakarya bukan hanya karena bentuk fisiknya belaka namun juga atas
kerja keras luar biasa dari anak negeri, atas visi dan cita-cita yang digantungkan kepadanya," katanya.

Anies melaksanakan Shalat Idul Fitri bersama keluarganya yakni istri, Fery Farhati, serta empat anak-anaknya.

Shalat Idul Fitri di JIS dimulai pukul 07.00 WIB dengan Khatib Ketua MUI KH Muhammad Cholil Nafis dan Imam Ustadz Heri Kuswanto yang menjadi juara MTQ Nasional 2018.

Ibadah dilaksanakan di pintu sisi barat JIS dan sebagian selasar utara dan selatan.

Ribuan jemaah mengikuti shalat Idul Fitri pertama di JIS itu dengan kapasitas yang disediakan mencapai 8.000 hingga 20 ribu orang.

Mereka mendatangi JIS sejak pukul 04.00 WIB yang didominasi warga Jakarta Utara dan sekitarnya.

Sebelumnya, malam takbiran juga diadakan di JIS dengan mengusung Festival Bedug Malam Takbir oleh perwakilan enam wilayah DKI Jakarta.

Di akun Instagramnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengunggah foto-foto kemeriahan Shalat Idul Fitri 1443 di JIS.

Salah satu netizen menanyakan kepada Anies Baswedan apakah JIS juga bisa dipakai untuk Umat agama lain?

"Pak Anies kalau JIS buat acara kebaktian Kristen, Budha & Hindu boleh dong ya? Jakarta kan kota toleransi paling tinggi...," tanya akun @roy_md.

Pertanyaan ini pun langsung ditanggapi Anies Baswedan.

"Amat boleh. Ini (JIS) untuk semua agama," ujar Anies Baswedan.

Jadi, clear ya guys. Anies menjadikan pembangunan Jakarta untuk semua. Jangan robek toleransi antar umat beragama di Jakarta denga tuduhan-tuduhan tak berdasar.
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close