PP Muhammadiyah Akan Hadiri Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri Sore Ini - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

PP Muhammadiyah Akan Hadiri Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri Sore Ini


KONTENISLAM.COM - Kementerian Agama (Kemenag) mengundang organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam dan duta besar negara sahabat pada sidang isbat penetapan awal Syawal atau Idul Fitri 1443 H. PP Muhammadiyah memastikan akan menghadiri sidang isbat itu sore ini.
Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengonfirmasi kehadiran itu. Mu'ti menyebut PP Muhammadiyah diwakili oleh Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar.

"PP Muhammadiyah diwakili Prof Syamsul Anwar, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah," ujar Abdul Mu'ti saat dimintai konfirmasi, Minggu (1/5/2022).
 
Sebelumnya, Kemenag mengundang ormas Islam dan duta besar negara sahabat pada sidang isbat penetapan Idul Fitri 1443. Sidang isbat itu akan digelar secara luring dan daring.

"Kita mengundang ormas Islam untuk mengikuti sidang isbat awal Syawal 1443 H yang akan digelar pada 1 Mei 2022," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib, dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4).

"Kita undang juga duta besar negara-negara sahabat," imbuhnya.

Selain itu, Kemenag akan mengundang Komisi VIII DPR RI, akademisi dari sejumlah universitas, pimpinan pondok pesantren, serta para pakar dan ahli falak.
 
Kemenag akan menggelar sidang isbat awal Syawal 1443 H digelar secara hybrid, melalui daring dan luring karena masih pandemi. Sidang isbat akan digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta. Peserta yang mengikuti secara daring juga akan fasilitasi melalui aplikasi Zoom.

"Pelaksanaan sidang isbat diawali penjelasan posisi hilal oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, dilanjutkan dengan informasi hasil rukyatul hilal yang digelar di 99 titik di seluruh Indonesia. Selanjutnya akan ditetapkan awal Syawal 1443 H dengan mempertimbangkan hasil hisab dan hasil rukyat, serta masukan dari peserta sidang," ujar Adib.[detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close