Selamat! Tim Riset MAN 1 Darussalam Ciamis Raih Medali Emas Youth International Science Fair (YISF) 2022

 

 

KONTENISLAM.COM -Kamis, 19 Mei 2022. Kabar gembira datang dari Tim Riset MAN 1 Darussalam Ciamis dalam ajang Youth International Science Fair (YISF) 2022 yang merupakan ajang internasional yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA) yang berkolaborasi dengan Buca Municipality Kizilçullu Science and Art Centar, BUCA IMSEF (International Music, Science, Energy and Engineering Fair), Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 450 tim dari berbagai Negara di Dunia.

Tim Riset MAN 1 Darussalam yang beranggotakan 4 orang (3 orang siswi 1 orang siswa):

1. Nurul Izzati Aufa – X MIPA 2
2. Tyara Martha – X MIPA 3
3. Salsa Ashari – X MIPA 4
4. Daffa Akbar – XI MIPA 1

Berhasil meraih Medali Emas dalam ajang tersebut, karya Ilmiah tersebut berjudul “Tofu Waste Processin Innovation For High Economic Value In Jelat Village, West Java (Inovasi Pengolahan Limbah Tahu Untuk Nilai Ekonomi Tinggi Di Desa Jelat, Jawa Barat)”.

Tim Riset ini diketuai oleh Nurul Izzati Aufa.

“Jurnal ini berisi penjelasan mengenai Inovasi dalam pengolahan Limbah/Ampas Tahun di Desa Jelat yang telah lama menjadi masalah terhadap pencemaran di Sungai Cibuyut tersebut, kami memberikan solusi bagaimana LImbah Tahu ini menjadi seusuatu
hal yang sangat berguna dan mempunyai nilai ekonomis bagi warga Desa Jelat sehingga salah satu solusi yang kami kemukakan didalam artikel ini adalah dijadikan pakan ikan yang berkualitas tinggi,” jelas Nurul.

Proses Perlombaan ini melalui 2 Tahap yaitu: Tahap 1 Pendaftaran serta Pengiriman Jurnal 10 Maret 2022, Tahap 2 Persentasi bagi jurnal yang lolos pada tahap 1.

Persentasi dilakukan secara daring pada tanggal 15 Maret 2022 dan pengumuman dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2022.

Kepala MAN 1 Darussalam Ciamis, Bapak Idan Nurdiana, S.Pd. M.Pd mengapresiasi segenap perjuangan dan prestasi yg telah ditorehkan oleh Tim Riset MAN 1 Darussalam Ciamis.

“Saya mengucapkan selamat dan sukses atas pencapaian peserta didik dan juga pembimbingnya yang telah mengharumkan nama MAN Darussalam Ciamis di ajang Lomba Internasional, dan muda-mudahan semangat riset di MAN Darussalam Ciamis terus semakin meningkat,” ujarnya.

Bapak Dr. H. Jamiludin Hidayat, S.Pd, M.Pd dan Ibu Abidaturasyidah, S.Pd merupakan 2 orang guru yang membimbing Tim Riset MAN 1 Darussalam Ciamis.

“Saya merasa ikut berbangga atas pencapaian Nurul Izzati Aufa dan tim yg telah meraih medali emas dalam lomba Youth International Science Fair (YISF) 2022 dan meneliti tentang pakan alternatif yg secara nyata diperlukan para peternak ikan. Bimbingan intensif selama 3 bulan memang tidak cukup jadi peneliti muda, tapi kegiatan seperti ini akan menjadi pengalaman berharga bagi tim peneliti Darussalam Sciece Club,” jelas Pak Jamiludin.

Pak Jamiludin juga menyampaikan, “Saya atas nama pembimbing ingin mengucapkan selamat kepada MAN 1 Darussalam Ciamis yang telah memberikan fasilitas yang maksimum dan selamat untuk tim yg telah membawa nama baik MAN 1 Darussalam Ciamis khususnya, Pesantren Darussalam umumnya. Presentasi level Internasional seperti ini perlu terus diikuti untuk menambah pengalaman bagi siswa dan pembimbing”.
(MAN Darussalam)


Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close