Sempat Saling Bermusuhan, Gus Dur Tetap Berkunjung ke Rumah Soeharto Saat Lebaran - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sempat Saling Bermusuhan, Gus Dur Tetap Berkunjung ke Rumah Soeharto Saat Lebaran


KONTENISLAM.COM - Lebaran adalah momentum kita saling melepaskan dendam, saling memberi maaf dan meminta maaf kepada saudara, baik yang memiliki pertalian darah atau saudara seiman. 
 
Dalam momentum Lebaran kita bisa meniru sikap dua presiden Indonesia, Presiden Soeharto dan Presiden KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang dikenal saling bermusuhan, tapi akhirnya saling bersilaturahim dan memaafkan.
 
Pak Harto menurut Gus Dur adalah satu-satunya orang yang pantas menjadi musuhnya di Indonesia. Walau mengakui Pak Harto berseberangan, toh, Gus Dur ketika Hari Raya Idul Fitri.
 
“Satu-satunya orang yang pantas menjadi musuh saya di negeri ini adalah Pak Harto. Itu pun saya masih berkunjung ke sana saat lebaran. Artinya, ya saya tidak punya musuh," kata Gus Dur suatu waktu.
 
Pak Harto dan Gus Dur memang dikenal seperti "Tom & Jerry". 
 
Keduanya pernah terlibat dalam konfrontasi saat masa Orde Baru. 
 
Pak Harto dan Gus Dur berseberangan secara politik. 
 
Gus Dur yang kerap mengkritik pemerintah mendapatkan berbagai tekanan dari Pak Harto.
 
Gus Dur pula salah satu orang yang membuat Pak Harto lengser.
 
Sementara saat masih berkuasa, Pak Harto dalam beberapa kesempatan Muktamar NU tidak pernah berhenti mengintervensi untuk menyingkirkan Gus Dur yang dianggap sebagai ancaman rezim. 
 
Sayangnya usaha Pak Harto gagal lantaran Gus Dur tetap menjadi ketua umum PBNU beberapa periode dan tetap menjadi orang berpengaruh di PBNU.
 
Meski punya latar belakang sering berseberangan, Gus Dur dan Pak Harto tetap menjalin silaturahim. Keduanya saling memaafkan.
 
Jika mendaras kisah Pak Harto dan Gus Dur yang kental sekali aroma konfrontrasi tetapi masih bisa saling memaafkan, apakah kita tidak bisa saling memaafkan? [republika] 
Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close