Setelah Batalkan Pengadaan Gorden Rp48 M, BURT DPR Kunker ke Turki dan Uni Emirat Arab - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setelah Batalkan Pengadaan Gorden Rp48 M, BURT DPR Kunker ke Turki dan Uni Emirat Arab

Setelah Batalkan Pengadaan Gorden Rp48 M, BURT DPR Kunker ke Turki dan Uni Emirat Arab 

KONTENISLAM.COM - Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR kembali melakukan kunjungan ke luar negeri pasca-membatalkan proyek penggantian gorden Rp48, 7 miliar.

Kali ini pimpinan dan anggota BURT melaksanakan kegiatan kunjungan kerja (kunker) ke Uni Emirat Arab selama satu minggu, mulai 25 Mei-31 Mei, pekan depan.

Padahal, pada Rabu, 18 Mei, pekan lalu BURT baru saja terbang ke Turki untuk melakukan kegiatan yang sama.

Menanggapi hal ini, Ketua BURT DPR Agung Budi Santoso menjelaskan bahwa anggota BURT yang terbang ke Turki dan ke Uni Emirat Arab merupakan rombongan yang berbeda.

Hanya saja, soal agenda yang digelar kurang lebih sama dengan kunker ke Turki. Agung membeberkan, dewan ingin mendengarkan dan mempelajari terkait fasilitas, protokoler, dan anggaran kepada parlemen dan pemerintah serta KBRI negara tujuan.

"Rombongan dibagi dua, Turki dan UEA dengan tujuan yang sama," ujar Agung saat dikonfirmasi, Rabu, 25 Mei.

Sebelumnya, BURT DPR membatalkan proyek pergantian gorden, vitrase, dan kerai Rumah Jabatan Anggota (RJA) di Kalibata dan Ulujami senilai Rp48,7 miliar pada Selasa, 17 Mei.

Namun, usai pembatalan proyek fantastis itu belasan anggota BURT justru pergi ke Turki untuk melakukan kunker.

Kunker luar negeri ini pun dibenarkan oleh Ketua BURT DPR Agung Budi Santoso. Agung membantah jika anggaran pembatalan itu dialokasikan untuk kunker tersebut.

Dia menjelaskan, anggaran untuk kunker ke Turki ini sudah diajukan sejak dua tahun lalu, namun terhenti akibat pandemi COVID-19 sehingga baru terealisasi pada tahun ini.

“Kunjungan kunker ke Turki ini sudah pernah diajukan sejak 2 tahun yang lalu, tapi karena ada pandemi maka baru bisa disetujui tahun 2022, yang dibahas pada 2021,” ujar Agung kepada wartawan, Rabu, 18 Mei.

Menurut Agung, setiap alat kelengkapan dewan (AKD) maupun komisi yang ada di DPR, memiliki alokasi anggaran untuk kunker ke luar negeri. Kunker tersebut, kata dia, pastinya terkait dengan tugas dan kerja AKD di DPR, termasuk BURT DPR.

Politikus Demokrat ini menerangkan, agenda BURT ke Turki ini dalam rangka diplomasi antar parlemen. “BURT ke Turki, agendanya bertemu dengan parlemen dan bagian Pemerintah Turki serta dengan KBRI di Turki,” terangnya.

Selain itu, kata Agung, BURT DPR juga ingin mendengar secara langsung posisi anggota parlemen Turki dalam kaitan dengan protokoler anggota parlemen.

“Fasilitas apa yang diterima oleh anggota Parlemen Turki dan berapa anggaran yang digunakan oleh Parlemen Turki,” pungkas Agung.

Sumber: voi

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close