Setelah Latihan di Gatot Subroto Tuai Kontroversi, Wagub DKI Janjikan Fasilitasi Atlet Sepatu Roda di Jalan Raya - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Setelah Latihan di Gatot Subroto Tuai Kontroversi, Wagub DKI Janjikan Fasilitasi Atlet Sepatu Roda di Jalan Raya

Setelah Latihan di Gatot Subroto Tuai Kontroversi, Wagub DKI Janjikan Fasilitasi Atlet Sepatu Roda di Jalan Raya
 
KONTENISLAM.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Partria menyatakan bakal memfasilitasi atlet sepatu roda untuk bisa berlatih di jalan raya. Hal ini dinyatakannya setelah Pengurus Besar Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia (PB Persoresi) mendatangi Balai Kota untuk menemuinya.

 

Riza mengatakan, permainan sepatu roda memiliki banyak jenis termasuk yang diluncurkan dengan kecepatan tinggi. Karena itu, memerlukan jalur yang luas dan panjang bebas hambatan.

 

"Ke depan nanti kita perlu tingkatkan kembali sementara belum ada tempat yang memenuhi syarat role track yang belum ada di Indonesia," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (13/5/2022).

 

Namun, nantinya akan ada sejumlah protokol dan ketentuan agar masyarakat pengguna jalan tetap aman atlet bisa berlatih dengan nyaman.

 

"Paling tidak ke depan menggunakan jalan raya nanti harus dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan dan kodam akan dicarikan tempat yang sesuai dengan syaratnya," tuturnya.

 

"Dan yang tidak mengambil kepentingan serta dikawal kepolisian atau dishub, sehingga teman-teman yang ingin melakukan latihan atau pertandingan," katanya.

 

Kendati demikian, ia tak menyebutkan jalan mana yang nantinya akan digunakan. Pihaknya melalui Dinas Perhubungan akan lebih dulu melakukan kajian dan persiapan terkait hal ini.

 

"Jadi bisa saja tidak harus selalu di jalan raya, nasional atau provinsi. Bisa di jalan jalan yang sepi, seperti di komplek-komplek perumahan di jakarta ini banyak sekali," katanya.

 

Diberitakan sebelumnya, beredar di media sosial sekelompok pemain sepatu roda bermain hingga ke bagian tengah jalan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Kegiatan mereka lantas menuai polemik karena dianggap arogan dan mengganggu pengguna jalan, khususnya pengendara.

 

Menanggapi hal ini, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulfan menyatakan kegiatan tersebut telah melanggar aturan. Apalagi memang jalan itu tidaj diperuntukan bagi pemain sepatu roda.

 

"Itu tentu tidak boleh dilakukan di tengah jalan seperti itu karena bukan track buat sepatu roda," ujar Zulfan saat dikonfirmasi, Minggu (8/4/2022).

 

Adanya pemain sepatu roda itu diakui Zulfan akan mengganggu pengendara yang melintas. Jalan Gatot Subroto memiliki ruas jalan yang luas dan dilalui banyak kendaraan setiap harinya.

 

"Selain itu berbahaya bagi keselamatan para pelaku sepatu roda tersebut," tuturnya.

 

Lebih lanjut, Zulfan menyatakan pihaknya akan memberikan teguran kepada komunitas itu. Ke depannya jika diulang lagi pihaknya akan menjatuhkan sanksi.

 

"Bila mereka mengulangi lagi perbuatan yang sama (akan diberikan sanksi). Tapi kita kedepankan tindakan persuasif dengan teguran saja dulu," ujarnya.

 

Sumber: suara 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close