Sutiyoso Sebut Indonesia Akan Dijajah TKA China, Baru Sembuh, Ade Armando Langsung Bereaksi! - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sutiyoso Sebut Indonesia Akan Dijajah TKA China, Baru Sembuh, Ade Armando Langsung Bereaksi!

 

KONTENISLAM.COM - Pernyataan kontroversial dari Mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Letnan Jendral TNI (Purn.) Sutiyoso ditanggapi oleh pegiat media sosial Ade Armando  yang baru sembuh usai jadi korban pengeroyokan.

Sebelumnya, Sutiyoso bicara soal Indonesia akan dijajah oleh Tenaga Kerja Asing (TKA) China.

Menurut Ade Armando, pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengada-ada.

Sutiyoso mengatakan, saat ini ada ribuan warga negara asing (WNA) yang berasal dari China atau Tiongkok yang bekerja di Indonesia.

Mantan Kepala BIN itu khawatir, pekerja asing tersebut bakal menetap dan lambat laun beranak pinak yang akhirnya menjadi mayoritas di Indonesia.

"Kok kita nggak sadar-sadar gitu lho, bukan apa saya orang intelejen saya bisa membaca, pegawai-pegawai itu yang di Kalimantan, di Sulawesi sampai Papua nggak akan pernah kembali ke sana. Pasti di sini," tegasnya dalam video yang diunggah kanal Youtube Refly Harun, dikutip Rabu (25/5/2022)

"Di Tiongkok punya anak dua, yang anak kedua ini kayak yatim piatu diperlakukannya oleh pemerintah. Nah di sini dia bikin anak sebanyak banyaknya. Artinya jangan sampai ini kita nggak sadar-sadar akhirnya mereka yang mayoritas bukan kita," tambahnya.

Ade Armando lalu menanggapi pernyataan itu dengan menyebutnya mengada-ada

"Tapi ketika yang berbicara Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Mantan Kepala BIN, saya rasa ini tidak bisa diabaikan," ucap Ade Armando, dikutip dari Channel Cokro TV, Rabu (25/5/2022).

Pernyataan dari Sutiyoso, atau akrab disapa Bang Yos itu kemudian dijelaskan ulang oleh Ade Armando.

"Dia mengingatkan akan ada kemungkinan China yang masuk dan menguasai Indonesia karena banyaknya TKA yang datang ke tanah air," katanya.

Pegiat media sosial yang bulan lalu dipukuli itu kemudian menyebut bahwa Sutiyoso menakut-nakuti masyarakat Indonesia.

Sebab Sutiyoso menyebut banyaknya TKA China akan jadi bibit penjajahan di Indonesia.

"Bagi saya apa yang disampaikan Bang Yos adalah persoalan mendasar, sangat mendasar yaitu soal data. Dia menggunakan data keliru," ucap Ade Armando.

Ade lalu mencontohkan salah satu argumen Bang Yos yang menurutnya keliru, yakni soal Singapura.

"Singapura sejak awal ras penduduknya China dan Melayu selalu menjadi minoritas. Argumen Bang Yos soal Singapura sama sekali tidak bisa diterima,” katanya.

Ade Armando lalu mencoba meluruskan soal banyaknya TKA China di Indonesia, yang disebut oleh Bang Yos tidak akan pulang ke negara asalnya dan menetap di Tanah Air.

"Tidak akan mudah bagi para Imigran Cina di Indonesia untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia," kata Ade Armando soal pernyataan Sutiyoso yang menyebut Indonesia akan dijajah TKA China. [poskota]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close