Tanggul Laut Jebol, 75% Wilayah Pelabuhan Tanjung Emas Terendam - KONTENISLAM.COM Berita Terupdate

Tanggul Laut Jebol, 75% Wilayah Pelabuhan Tanjung Emas Terendam

Tanggul Laut Jebol, 75% Wilayah Pelabuhan Tanjung Emas Terendam 

KONTENISLAM.COM - Aktivitas pelayaran di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dihentikan sementara. Keputusan itu merespons jebolnya tanggul penahan air laut yang mengakibatkan banjir di sejumlah kawasan pesisir Semarang.

Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas, M Tohir mengungkapkan kronologi peristiwa itu. Pada hari Senin tanggal 23 Mei 2022 pukul 14.00 sampai 16.00 WIB, tanggul penahan air laut di Kawasan Lamicitra Pelabuhan Tanjung Emas Semarang jebol.

"Dengan jebolnya penahan air laut seluruh aktivitas pekerja dipulangkan dari instansi maupun perusahaan, untuk mengantisipasi dampak banjir air laut yang masuk di kawasan pelabuhan Tanjung Emas Semarang," ujar Tohir dikutip dari keterangannya, Selasa, 24 Mei 2022.

Adapun penyebab tanggul jebol diakibatkan rob yang besar. Sehingga tanggul penahan air laut di kawasan Lamicitra tidak mampu menahan air laut yang cukup besar.

Menurutnya, hampir 75 persen wilayah Pelabuhan Tanjung Emas terendam air laut. Titik lokasi tersebut mulai Jalan Yos Sudarso (depan KSOP Tanjung Emas), Dermaga Pelabuhan Rakyat, Dermaga Nusantara, Jalan Coaster, Jalan Deli dan Kawasan Lamicitra.

Selain itu, banjir juga mengakibatkan akses masuk Pelabuhan Tanjung Emas terjadi kemacetan yang parah. Kegiatan kepelabuhanan untuk sementara dihentikan, termasuk kegiatan Kapal Penumpang dan bongkar muat Petikemas di Dermaga TPKS.

Sementara itu, di dermaga terminal penumpang pun tak luput dari banjir. Penumpang tujuan Pelabuhan Kumai dengan KM Dharma Rucitra 9, diarahkan menuju lantai 2.

Untuk kegiatan di TPKS juga dihentikan karena beberapa panel listrik dari PLN terendam banjir. Saat ini dua kapal kontainer yang sandar di dermaga TPKS tidak melakukan kegiatan.

"Peringatan banjir rob dan gelombang tinggi ini telah dikeluarkan oleh BMKG Maritim Semarang. Peringatan berlaku untuk tanggal 23 dan 24 Mei. Kami terus berkoordinasi dengan StakeHolder di Pelabuhan Tanjung Emas agar kegiatan bongkar muat terus berjalan dengan memperhatikan situasi dari banjir rob ini," tutupnya.

Sebagai informasi, mengutip laporan BPBD pukul 05.30 WIB, banjir rob masih menggenangi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang namun tidak separah kemarin. Penyedotan air pompa sudah dilakukan sejak kemarin. Pagi ini BPBD membuka dapur umum salah satunya di Jalan Brotojoyo.

Titik Lokasi banjir air laut sebagai berikut:
1. Depan Pos 1
2 . Depan Polsek KPTE
3. JL.Coaster
4. Jl. Deli
5. Dermaga Nusantara
6. Terminal Pelabuhan Tg Emas Semarang.
7. Kawasan Lamicitra
8. Dok Koja Bahari

Sumber: viva

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close