Waketum Jawab Gus Yahya: PKB Alat Politik NU

Jazilul Fawaid 

KONTENISLAM.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) menekankan NU tidak boleh dijadikan sebagai alat politik menjelang Pemilu 2024.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut justru PKB-lah yang jadi alat politik NU.

"Tentu kami setuju karena memang NU bukan alat politik, tapi PKB-lah alat politik NU. Jadi apa yang disampaikan beliau (Gus Yahya) itu adalah untuk partai-partai yang lain, bukan PKB, karena PKB dengan NU itu ibarat dua sisi mata uang yang tidak akan bisa dipisahkan," kata Jazilul dalam keterangannya, Selasa (24/5/2022).

Jazilul menegaskan PKB adalah parpol yang dilahirkan oleh NU untuk kepentingan bangsa.

Menurut Jazilul, dengan platform yang dimilikinya, PKB saat ini menjadi partai politik berbasis Islam terbesar di Indonesia.

"Dan alhamdulillah akhirnya PKB menjadi satu-satunya partai politik yang berhaluan ahlussunnah wal jamaah yang ada di parlemen. Parpol yang menjalan misi jalan politik rahmatan lil alamin ya PKB," ungkapnya.

"Ini karena platform yang digunakan adalah platform Islam ahlussunnah, platform Islam Nusantara," lanjut Jazilul.

Atas alasan itulah, PKB menjadi kekuatan politik yang mewadahi dan menjadi saluran aspirasi politik warga nahdliyin.

"Saya ini lahir dari NU, nggak bakal bisa dipisahkan dari NU meskipun saya PKB. Tapi kalau ada orang yang bilang Golkar itu NU, nggak mungkin, dari mana sejarahnya? PDIP itu NU, nggak mungkin, dari mana sejarahnya? Kalau PKB itu lahir dari NU, semua menyaksikan. Mulai deklarasinya, tokoh-tokohnya, pendirinya, pemimpin-pemimpinnya. Meskipun akhirnya PKB menjadi partai yang terbuka untuk semua golongan, semua kelompok," katanya.

Lebih lanjut, Jazilul menegaskan, NU akan tetap menjadi visi politik PKB.

"Jadi semua visi yang ada di NU ini diperjuangkan PKB lewat jalur politik. Jadi PKB bagian dari yang menjalankan visi dan misi NU. Apa itu? soal moderasi. toleransi dan lainnya. Itulah yang dilakukan oleh PKB," tuturnya. [detik]

Ikuti kami di channel Whatsapp : https://whatsapp.com/channel/0029VaMoaxz2ZjCvmxyaXn3a | 

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam


Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam

Ikuti Kami Di Goole News : Google News Konten Islam

close