Wapres Ingin Produk Lokal Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri: Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi? - Konten Islam
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wapres Ingin Produk Lokal Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri: Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?

Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Pusat di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (11/5/2022). 

KONTENISLAM.COM - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengajak seluruh pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi agar produk-produk buatan lokal, terutama produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Hal ini disampaikan Ma'ruf saat membuka acara Karya Kreatif Bangsa yang diselenggarakan Bank Indonesia, Jumat (27/5/2022).

"Dengan semangat tinggi dan kerja sama, saya yakin produk dalam negeri terutama produk UMKM mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri mengalahkan konsumsi produk impor. Kalau bukan kita, siapa lagi? Kalau bukan sekarang, kapan lagi?" kata Ma'ruf dalam sambutannya, dikutip dari akun YouTube Bank Indonesia.

Ma'ruf menekankan, perluasan akses pasar dan akselerasi berbagai inovasi di bidang teknologi digital merupakan kunci agar UMKM Indonesia dapat naik kelas.

Ia mengeklaim, pemerintah telah memiliki komitmen mendorong peningkatan ekonomi bangsa dengan meluncurkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada 2020.

Dalam gerakan itu, kata Ma'ruf, penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) adalah bagian penting dan tidak terpisahkan.

"Artinya, upaya mengangkat produksi dalam negeri menyasar koherensi, mulai dari industri hulu hingga ke hilir," ujar mantan ketua umum Majelis Ulama Indonesia itu.

Ma'rif melanjutkan, saat ini 40 persen anggaran belanja barang dan jasa pemerintah wajib dialokasikan untuk membeli produk UMKM sebagaimana diatur oleh Peraturan presiden Nomor 12 Tahun 2021.

"Saya berharap para pelaku UMKM dapat memanfaatkan peluang ini untuk lebih adaptif, kreatif, dan inovatif dalam menciptakan produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar," kata dia.

Ia menambahkan, UMKM juga harus jeli memanfaatkan berbagai platform digital untuk mendukung perkembangan usaha serta mempermudah akses pada pembiayaan, distribusi, dan pemasaran produknya. [kompas]

Ikuti kami di channel Telegram : https://t.me/kontenislam | Ikuti Kami di Facebook: Berita Indonesia | Flow Twitter Kami: @kontenislam_com

Download Konten Islam Di PlayStore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.cleova.android.kontenislam
close